BeritaNasionalOpiniPolitik

Survei Soal Menteri, Menhan Prabowo Yang Tertinggi

BIMATA.ID, JAKARTA- Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis hasil survei kepuasan masyarakat pada kinerja para Menteri di kabinet Jokowi-Maruf Amin. Hasilnya tertinggi 43,7 persen masyarakat puas dengan kinerja Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Survei dilakukan pada 9-12 Juni 2020 dengan melibatkan 1.000 responden di 34 provinsi di Indonesia. Survei dilakukan dengan cara telesurvei atau mewawancara responden melalui kontak telepon. Margin of error survei ini +/- 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin serta mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para menteri Jokowi-Ma’ruf Amin.

Responden diberi pertanyaan: ‘Menurut Bapak/Ibu/Saudara, bagaimana kinerja para menteri di bawah ini?’

Hasilnya, Menhan Prabowo Subianto berada pada peringkat atas dengan total 43,7 persen masyarakat merasa puas, 39 persen tidak puas, dan 17 persen tidak tau atau tidak jawab.

“Kinerja para menteri, Menhan Pak Prabowo tingkatnya paling tinggi di antara yang lain, yaitu 43,7 persen. Disusul Menteri Luar Negeri Bu Retno 38,0 persen, ketiga Menkopolhukam Pak Mahfud Md 37,9 persen,” ujar Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Ali Rif’an saat melakukan pemaparan yang disiarkan secara langsung melalui YouTube ASI, dikutip dari detik.com, Jumat (19/6/2020).

Posisi keempat diisi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dengan tingkat kepuasan 37,8 persen. Posisi kelima Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Gusti Ayu Bintang Darmavati, dengan jumlah 37,0 persen.

Sedangkan Menteri dengan peringkat terendah adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo 23,3 persen. Dilanjutkan dengan Menteri Agama Fachrul Razi 23,8 persen, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan 26,1 persen.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly 27,1 persen serta Menteri Kesehatan dokter Terawan 27,5 persen.

“Kalau kita bicara paling bawah ini menarik karena sama-sama Gerindra, yang paling bagus Gerindra ada Pak Prabowo dan paling tidak bagus Gerindra Pak Edhy Prabowo,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close