EkonomiProperti

Pekerja Kontruksi Diharuskan Piawai Gunakan Teknologi

BIMATA.ID, JAKARTA- Era industri 4.0 ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi termasuk di bidang jasa konstruksi. Salah satu dengan menerapkan Building Information Modeling (BIM) atau teknologi konstruksi yang berbasis industri 4.0.

BIM merupakan sebuah metode baru untuk konstruksi infrastruktur yang mengintegrasikan model virtual beserta data atau informasi teknisnya.

“Industri 4.0 hanya instrumen, justru dibelakangnya harus ada Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Senin, 8 Juni 2020.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Trisasongko Widianto mengatakan untuk meningkatkan kemampuan SDM konstruksi dalam pemanfaatan teknologi BIM, Kementerian PUPR menyelenggarakan webinar dan pelatihan online BIM.

“Ditjen Bina konstruksi memandang perlunya SDM konstruksi nasional piawai dalam menggunakan teknologi, salah satunya adalah teknologi perancangan konstruksi menggunakan BIM untuk bangunan konstruksi tidak sederhana”, ujar Trisasongko.

Tujuan pemerintah memperkenalkan teknologi BIM kepada masyarakat adalah agar masyarakat mampu mengikuti perkembangan teknologi BIM, mengoperasionalisasikan BIM dan mendapatkan keuntungan maksimal dari teknologi BIM ini.

“Bagi Pemerintah, terkait sustainabilitas data. Hal ini sangat penting karena data yang aktif dan valid merupakan andalan utama dalam kesuksesan dan pemerataan pembangunan.Sedangkan bagi Kontraktor dan Konsultan, teknologi BIM menjamin akurasi dan presisi data yang maksimal dalam melaksanakan pekerjaan. Pemanfaatan BIM juga bermanfaat bagi para pakar dan peneliti untuk pengembangan teknologi,” jelas Trisasongko.

Kepala Balai Penerapan Teknologi Konstruksi (Balai PTK) Cakra Nagara mengatakan, selama periode 03 April-19 Mei 2020 telah dilakukan kolaborasi penyelenggaraan webinar dan pelatihan online dengan beberapa perusahaan konstruksi.

Kolaborasi lainnya yaitu penyelenggaraan webinar implementasi metode BIM di proyek konstruksi dengan lima Kontraktor BUMN yakni PT Brantas Abipraya (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT PP (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

 

 

Sumber:Medcom.id

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close