BeritaNasional

Perintah Kapolri Optimalkan Babinkamtibmas Dan Hidupkan Siskamling

BIMATA.ID, Jakarta – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis melalui Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengeluarkan 2 surat telegram terkait pemantapan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat serta antisipasi gangguan kamtibmas terkait pandemi Covid-19.

Salah satu surat telegram Kapolri yang ditandatangani oleh Kabaharkam berisikan perintah kepada jajaran Polri untuk mengoptimalkan pencegahan gangguan kamtibmas sampai ke pelosok daerah.

Dalam surat telegram bernomor ST/1336/IV/OPS.2/2020, Kapolri memerintahkan optimalisasi peran Bhabinkamtibmas dan pengaktifan siskamling.

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan, peran Bhabinkamtibmas harus dioptimalkan. Terlebih di tengah upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19.

“Bhabinkamtibmas itu kan ujung tombak Kepolisian di masyarakat, paling dekat dengan masyarakat,” ujar Komjen Agus dalam keterangan resmi, Kamis (30/4/2020).

Bhabinkamtibmas harus mampu membangun kesadaran masyarakat akan bahaya Covid-19. Lebih dari itu, Bhabinkamtibmas juga harus mampu bersinergi dengan semua stakeholder di daerah, sehingga penyebab timbulnya gangguan kamtibmas dapat diredam sejak dini.

“Pengaktifan siskamling juga penting saat ini, karena siskamling mempunyai daya cegah, daya tangkal dan daya lawan terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas di tengah masyarakat,” tegas Komjen Agus.

Bahkan di saat ramadan sekarang ini tugas kepolisian akan semakin berat. “Tapi percayalah tanggung jawab memelihara kamtibmas di masyarakat adalah amanah yang luar biasa untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, Insyaallah bernilai Ibadah,” tutup Komjen Agus.

Editor : Ozie

Sumber : BeritaSatu

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close