BeritaEkonomiNasionalPerkebunanPertanianPolitikUmum

Andre Rosiade: Harga Beras Mahal dan Gula Mulai Langka

BIMATA.ID, JAKARTA- Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade menilai kondisi pasokan beras dan gula di tengan pandemi Corona. Andre mengatakan, berdasarkan data yang disampaikan Perum Bulog, pasokan beras cukup.

Dia menyebut, beras di gudang Bulog ada 1,42 juta ton, di penggilingan ada 1,2 juta ton, 728 ribu ton di pedagang, dan 28 ribu ton ada di Pasar Induk Beras Cipinang. Dengan begitu, pasokan beras nasional 3,5 juta ton.

“Tapi permasalahannya, ini protes dari bawah, masyarakat, kenapa harga beras masih juga tinggi padahal seperti yang disampaikan tadi panen raya akan mulai bulan April, Saat ini beras medium harganya di atas Rp 10.000. Kami minta Bulog melakukan langkah-langkah konkret supaya harga beras medium bisa kembali ke harga eceran tertinggi,” sambungnya.

Tak hanya beras, Andre bilang, gula juga sulit didapat di pasaran. Untuk membeli gula saja, saat ini juga dibatasi.

“Kedua saya juga ingin sampaikan, ini lanjut Bulog RNI kita sangat kesulitan masyarakat untuk membeli gula saat ini. Bahkan kalau kita beli ke supermarket atau saya sebut saja Lotte Mart kita dibatasi satu member 2 gula, 2 kantong gula. Ini menunjukkan memang kondisi gula di Indonesia stoknya sangat menipis,” terangnya.

“Saya minta Bulog dan RNI yang mendapat izin impor menyampaikan kepada kita apa langkah-langkahnya untuk menekan harga gula yang gila-gilaan dan stoknya menipis,” tambahnya.

 

Sumber :finance.detik.com

Editor :ZBP

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close