EdukasiFakta DuniaInfo SainsPeranti

WWW Ciptaan Tim Berners-Lee Adalah Browser Dan Editor Pertama Di Dunia

Sir Timothy John Berners-Lee OM KBE FRS FREng FRSA FBCS atau Berners-Lee yang lahir 8 Juni 1955 juga dikenal sebagai TimBL, yakni insinyur Bahasa Inggris dan ilmuwan komputer, paling dikenal sebagai penemu World Wide Web (WWW).

Dia adalah seorang Profesor Professorial Ilmu Komputer di Universitas Oxford dan seorang profesor di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Berners-Lee mengusulkan sistem manajemen informasi, pada 12 Maret 1989, kemudian menerapkan komunikasi pertama yang berhasil antara klien dan server Hypertext Transfer Protocol (HTTP) melalui internet, pada pertengahan November di tahun yang sama.

Cerita itu berawal dari Berners-Lee menulis apa yang kemudian dikenal sebagai WorldWideWeb pada NeXT Computer selama paruh kedua 1990, ketika bekerja untuk CERN, sebuah badan penelitian nuklir Eropa. Bangunan sukses pertama selesai pada 25 Desember 1990, setelah dua bulan pembangunan. Browser diumumkan di newsgroup pada Agustus 1991. Pada saat ini, beberapa orang lain, termasuk Bernd Pollermann, Robert Cailliau, Jean-François Groff, dan mahasiswa sarjana tamu Nicola Pellow – yang menulis Line Mode Browser – terlibat dalam proyek tersebut.

Berners-Lee mengusulkan nama yang berbeda untuk aplikasi barunya: The Mine of Information dan The Information Mesh yang merupakan sebuah proposal. Pada akhirnya WorldWideWeb dipilih, tetapi kemudian berganti nama menjadi Nexus untuk menghindari kebingungan antara World Wide Web dan browser web.

Tim menciptakan apa yang disebut “browser pasif” yang tidak memiliki kemampuan untuk mengedit karena sulit untuk mem-porting fitur ini dari sistem NeXT ke sistem operasi lain. Melakukan Porting ke Sistem X Window (X) tidak dimungkinkan karena tidak seorang pun di tim memiliki pengalaman dengan X.

Berners-Lee dan Groff kemudian mengadaptasi banyak komponen WorldWideWeb menjadi versi bahasa pemrograman C, menciptakan API libwww. 

Sejumlah browser awal muncul, terutama ViolaWWW. Mereka semua dikalahkan oleh Mosaic dalam hal popularitas, yang pada tahun 1993 telah menggantikan program WorldWideWeb. Mereka yang terlibat dalam pembuatannya telah beralih ke tugas lain, seperti menentukan standar dan pedoman untuk pengembangan lebih lanjut dari World Wide Web (mis. HTML, berbagai protokol komunikasi).

Pada 30 April 1993, direktorat CERN merilis kode sumber WorldWideWeb ke dalam domain publik. Beberapa versi perangkat lunak masih tersedia di web di berbagai negara. Berners-Lee awalnya mempertimbangkan untuk merilisnya di bawah Lisensi Publik Umum GNU, tetapi setelah mendengar desas-desus bahwa perusahaan mungkin akan menolak konsep tersebut jika ada masalah lisensi yang terlibat, ia akhirnya memilih untuk merilisnya ke dalam domain publik.

 

Editor : Adwin KS
Sumber : https://wikipedia.org

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close