BeritaNasionalPolitik

Pembahasan RUU Pemilu Ditargetkan Rampung Tahun Ini

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsudin memberikan tanggapan mengenai pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

Menurutnya, pembahasan itu ditargetkan akan rampung secepatnya tahun ini dan selambatnya tahun depan.

“Iya, ada harapan RUU berkaitan Pemilu direncanakan selesai tahun ini. Paling lambat tahun depan,” ungkapnya, dikutip dari beritasatu[dot]com, Senin (2/3/2020).

Kemudian politisi Partai Golkar ini mengungkapkan, DPR juga akan menindaklanjuti keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal keharusan Pemilu Legislatif (Pileg) serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) diselenggarakan secara bersamaan seperti Pemilu 2019 lalu.

“Komisi II DPR nantinya akan menindaklanjuti putusan MK tersebut,” lanjutnya.

Azis juga menjelaskan, rancangan sistem Pemilu dan lainnya membutuhkan pengkajian yang mendalam dari berbagai pihak terutama fraksi-fraksi yang merupakan perwakilan partai politik (Parpol).

“Banyak hal yang harus dikaji. Tapi memang jangan sampai setiap pemilu mengubah sistem. Itu kan juga membingungkan nanti,” jelasnya.

Sebelumnya, DPR dan Pemerintah telah sepakat akan membahas secara bersama RUU tentang Pemilu tahun ini. Pembahasan ini akan dimulai dengan merevisi UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Editor: MBN

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close