Info Sains

Ilmuwan Temukan Fenomena Unik Di Sepanjang Pantai Atlantik

Nova Scotia adalah salah satu wilayah, selain Maine dan Connecticut, yang mengalami kenaikan permukaan laut secara alami, lokasi ini berada di kawasan pantai Atlantik di Kanada.

Kenaikan permukaan laut adalah fenomena naiknya permukaan laut yang disebabkan oleh banyak faktor yang kompleks.

Fenomena yang terjadi di sepanjang pantai Atlantik di Amerika Utara di abad ke-18, para ilmuwan berhasil menemukan fakta unik dari fenomena tersebut

Sebuah studi menemukan bukti bahwa kenaikan permukaan laut itu terjadi pada masa pra industri pada abad ke-18 yang meningkat hampir secepat yang terjadi di abad ke-20

Dilansir dari kompas.com, studi ini dipimpin para peneliti di University of York. Untuk periode kenaikan permukaan laut pra-industri ditingkatkan sekitar dua hingga tiga milimeter per tahun di tiga lokasi

Lokasi tersebut diantaranya yakni di Nova Scotia, Maine dan Connecticut, dan terjadi secara alami.

Sebagian kenaikan permukaan laut terkait dengan Osilasi Atlantik Utara dan pada periode pencairan es yang meningkat di Kutub Utara.

Osilasi Atlantik Utara, yakni tekanan atmosfer skala besar di wilayah Atlantik Utara.

Para peneliti mengatakan kota-kota seperti New York dan Boston harus mempertimbangkan variabilitas alami ini dalam perencanaan untuk mengantisipasi kenaikan permukaan laut di masa depan.

Temuan ini berdasarkan pada rekonstruksi permukaan laut yang berasal dari sedimen rawa-rawa yang ada di pantai Atlantik, serta fosil rawa mikroskopis

Sementara, pada studi sebelumnya menunjukkan sejak tahun 1950-an, tingkat kenaikan permukaan laut di sepanjang pantai Atlantik di Amerika Utara terjadi lebih cepat dari rata-rata global.

Wilayah ini, kemudian dikenal sebagai hotspot kenaikan permukaan air laut.

Dikutip dari berbagai sumber.
Editor: WS