PertanianRegional

Dinas Pertanian Gelar Pasar Tani Setiap Minggu

BIMATA.ID, Kotabaru- Pemerintah Kabupaten Kotabaru kembali adakan Pasar Tani yang difasilitasi Dinas Pertanian Kotabaru, digelar setiap Minggu di lapangan Siring Laut Kotabaru.

Diadakannya pasar tani ini bertujuan untuk mempromosikan hasil produk–produk pertanian Kotabaru, juga memperdagangkan seperti sayur-sayuran, bahan pokok berupa beras, minyak goreng, telur, ayam serta daging.

Pasar ini sekaligus menghindari inflasi harga pangan di pasaran. Kehadiran pasar tani meski masih berkala, akan tetapi telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kecil.

Dalam hal ini, Sekretaris Daerah Kotabaru, Said Akhmad mengatakan, dengan adanya pasar ini mereka dapat memperoleh komoditi pertanian dan perkebunan lebih murah daripada harga di pasaran.

Bahkan, pasar tani memfasilitasi pembeli dan pelaku usaha pertanian dan bahan pokok lainnya dengan cara bertemu secara langsung. Dan, berbagai produk hasil pertanian di Kotabaru dijual oleh pedagang di lapak-lapak yang disediakan oleh panitia.

“Adanya pasar tani yang dilaksanakan di Siring Laut ini, kita bisa menampung hasil pertanian, dan masyarakat bisa langsung membeli dengan petani yang langsung menjual dengan harga bisa dijangkau masyarakat,” katanya, saat menghadiri acara pasar tani, Minggu (15/3/2020)

Dia juga mengatakan, pasar ini sekaligus mengantisipasi inflasi, karena Kotabaru sudah ditetapkan sebagai kota inflasi di Kalsel. Dan Said berharap, adanya pasar tani ini bisa tersosialisasi ke masyarakat.

“Tinggal masyarakatnya saja lagi yang memanfaatkan fasilitas disediakan oleh pemerintah daerah. Semoga terus berkelanjutan apa lagi dalam menghadapi bulan Ramadan,” imbuhnya.

 

Sumber :koranbanjar[dot]com
Editor :ZBP

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close