NasionalPertanian

Wamendes Resmikan Pergerakan Tani Muda

Bugiswarta, JAKARTA – Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi meresmikan Pergerakan Tani Muda Indonesia (Petani) di Kedai Tempo, Jakarta Timur. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya pemuda dalam pembangunan desa.

“Banyak desa-desa yang maju dan berkembang maupun desa-desa yang mandiri itu penggeraknya anak-anak muda. Banyak desa-desa yang maju karena penggeraknya anak-anak muda, karena anak-anak muda lebih cenderung kreatif dan inovatif,” ujar Budi dalam keterangannya, Selasa (25/2/2020).

Dampak dana desa terhadap pertanian mendorong peningkatan produksi dan pendapatan petani yang secara tidak langsung diakibatkan oleh pembangunan infrastruktur, juga usaha tani, jaringan irigasi, drainase, dan pelatihan bidang pertanian untuk peningkatan kapasitas petani.

“Kajian 33 Perguruan Tinggi Desa (Pertides) di 33 Provinsi menyebutkan jika dana desa itu beri efek positif bagi pembangunan desa di setiap provinsi. Kajian itu menyebutkan dana desa meningkatkan kemampuan, keterampilan serta perubahan sikap yang lebih terbuka terhadap inovasi pertanian,” ucapnya.

Budi berharap organisasi itu turut serta dalam pembangunan di sektor pertanian untuk desa lebih maju.

“Saya berpesan kepada Pergerakan Tani Muda Indonesia (PETANI) untuk ikut andil dalam pembangunan pertanian, pembangunan SDM dan juga untuk peningkatan kemajuan warga desa,” demikian tandas Budi, Wamendes PDTT.

Sumber: Timesindonesia.co.id
Editor SBP

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close