BolaCabor

PSSI Siapkan Timeline Penggunakan VAR Pada Liga 1 Musim Depan

Induk organisasi sepak bola di Indonesia (PSSI) sedang mempersiapkan penyusunan timeline penggunaan teknologi Video Assist Referee (VAR) pada kometisi Liga 1 musim 2021. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri saat membuka “VAR Kick Off Meeting” di Jakarta pada Rabu (19/2) kemarin.

Dikutip Bimata.id dari situs resmi PSSI, dalam penyusunan timeline ini, PSSI mendapat asistensi langsung dari perwakilan IFAB dan FIFA.

“kita berharap persiapan bisa berjalan dengan lancar sehingga teknologi VAR bisa kita implementasikan pada kompetisi Liga 1 musim 2021 mendatang” ujar Cucu

Penerapan teknologi VAR pada Liga 1 ini dikatakannya salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas dan kemajuan sepak bola Indonesia.

“Implementasi VAR adalah salah satu upaya PSSI untuk meningkatkan kualitas kompetisi. Muaranya adalah kemajuan sepak bola Indonesia” lanjutnya 

Tambah Cucu, pengembangan teknologi ini juga akan mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas wasit Indonesia.

“Kita akan dorong lebih banyak wasit-wasit kita untuk bias mendapatkan lisensi AFC dan FIFA” ujar cucu

VAR pertama kali diimplementasikan FIFA pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Dalam penerapannya, tidak semua pelanggaran memerlukan bantuan VAR. Kalau wasit merasa pelanggaran terjadi sudah dianggap jelas dan yakin dengna keputusan yang diambilnya, VAR tidak diperlukan lagi.

Editor: IBN

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close