EdukasiFakta Dunia

Pemberontakan Yang Hingga Kini Belum Jelas Inti Permasalahannya Di Bangladesh

Fakta dunia tidak hanya menghadirkan materi khusus untuk pecinta drakor, tapi juga untuk para penggemar artis Bollywood juga ada fakta dunia yang cukup menyayat hati nih dari negeri Hindustan tersebut. Yakni kita flash back ke tahun 2009 di mana pada tanggal 25 Februari 2009, Anggota pasukan Bangladesh Rifles memberontak di markas besarnya di Pilkhana, DhakaBangladesh, menewaskan 74 orang, termasuk lebih dari 50 orang perwira militer.

Bangladesh Rifles yang sekarang menjadi The Border Guard Bangladesh adalah pasukan berseragam tertua di Bangladesh. Ini adalah kekuatan paramiliter di bawah Departemen Dalam Negeri. Mereka bertanggung jawab atas keamanan perbatasan negara itu, di Bangladesh pasukan itu dikenal sebagai “Penjaga Kemanusiaan dari Perbatasan Nasional”. Direktur Jenderal saat ini adalah Mayjen Shafeenul Islam.

Sekarang Penjaga Perbatasan Bangladesh, sebagai pasukan paramiliter, dipercayakan dengan tanggung jawab untuk mempertahankan perbatasan 4.427 kilometer (2.751 mil) Bangladesh. Mereka membanggakan sejarah militer yang membentang lebih dari dua abad. Selama masa damai pasukan ini juga bertanggung jawab atas operasi anti-penyelundupan, menyelidiki kejahatan lintas batas dan memperluas wewenang pemerintah ke daerah-daerah terpencil dan terpencil. Dari waktu ke waktu BGB juga telah dipanggil untuk membantu administrasi dalam pemeliharaan hukum & ketertiban internal, bantuan dan pekerjaan rehabilitasi setelah segala jenis bencana alam. Selama masa perang mereka berada di bawah kendali Kementerian Pertahanan sebagai kekuatan tambahan bagi Angkatan Darat Bangladesh.

Hal yang menyayat hati terjadi pada tanggal 25 Februari 2009, tentara reguler Bangladesh Rifles memberontak terhadap perwira mereka yang diperbantukan dari Angkatan Darat Bangladesh. Pemberontakan terjadi ketika komandan senior berada di Dhaka untuk mengadakan pertemuan atau durbar. Sebanyak 74 orang terbunuh dalam Pemberontakan. Banyak perwira senior terbunuh, termasuk hampir seluruh eselon yang lebih tinggi dari struktur komando – sekitar 57 perwira tentara yang hadir di markas Bangladesh Rifles di ibukota Dhaka. Ini termasuk Direktur Jenderal Bangladesh Rifles. Para prajurit memberontak karena alasan yang sebagian besar tetap tidak diketahui, meskipun kebencian pada petugas yang diperbantukan dari tentara Bangladesh dan dugaan korupsi diyakini menjadi penyebabnya.

Dahgram Bangladesh Rifles Periksa tanda pos setelah 30 jam, dikelilingi oleh tank-tank Angkatan Darat Bangladesh, pemberontak menyerah dengan sekitar 6.000 dari mereka ditangkap, mengakhiri pemberontakan. Pada November 2013, Bangladesh menjatuhkan hukuman mati sebanyak 152 pemberontak dari Bangladesh Rifles.

 

Sumber : https://wikipedia.org
Editor : Adwin KS

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close