Fakta DuniaInovasi

Fakta Direktori Telepon Pertama Di Dunia

Sebuah direktori telepon, biasa disebut buku telepon, buku alamat telepon, buku telepon, atau halaman putih dan kuning, adalah daftar telepon pelanggan di wilayah geografis atau pelanggan ke layanan yang diberikan oleh organisasi yang menerbitkan direktori. Tujuannya adalah untuk memungkinkan nomor telepon pelanggan yang diidentifikasi dengan nama dan alamat dapat ditemukan. Direktori telepon ini merupakan jenis direktori kota. Buku-buku yang mencantumkan penghuni seluruh kota secara luas diterbitkan mulai abad ke-18, sebelum penemuan telepon.

Direktori telepon pertama, yang terdiri dari selembar karton, dikeluarkan pada tanggal 21 Februari 1878. Terdaftar 50 individu, bisnis, dan kantor lain di New Haven, Connecticut yang memiliki telepon. Direktori telepon pertama ini diterbitkan pada 15 Januari 1880 oleh The Telephone Company. Isinya 248 nama dan alamat individu dan bisnis di London. Nomor telepon tidak digunakan pada saat itu karena pelanggan diminta dengan nama di bursa.

Direktori ini disimpan sebagai bagian dari koleksi buku telepon Inggris oleh BT Archives.

Pada tahun 1938, AT&T menugaskan penciptaan font jenis baru, yang dikenal sebagai BELL GOTHIC, yang tujuannya dapat dibaca pada ukuran font yang sangat kecil ketika dicetak pada kertas koran di mana ketidaksempurnaan kecil sering terjadi.

Pada 1981 Perancis adalah negara pertama yang memiliki direktori elektronik pada sistem yang disebut Minitel . Direktori ini disebut “11” setelah nomor akses teleponnya.

Direktori telepon juga menjadi cerita tersendiri dari beberapa film dunia. Yang pertama, ada di film tahun 1979, The Jerk, fitur protagonis naif Navin R. Johnson (diperankan oleh Steve Martin ) senang menemukan dirinya terdaftar di direktori telepon lokal, namanya “dicetak” untuk pertama kalinya, setelah nama orang gila menggunakan senjata membalik melalui salinan dan pilihannya sendiri “Johnson, Navin R.” sebagai “bajingan korban acak” berikutnya.

Kedua, Film di tahun 1988, Rain Man, dilengkapi dengan autis savant Raymond Babbitt (diperankan oleh Dustin Hoffman ), terinspirasi oleh kehidupan nyata savant Kim Peek (dikenal karena kemampuannya membaca dan menghafal seluruh buku dalam waktu satu jam), yang mampu menghafal dan melafalkan seluruh direktori telepon.

Dan Yang Ketiga, Film 1984, The Terminator, menampilkan tokoh antagonis ‘cyborg assassin’ tituler yang dikirim kembali tepat waktu untuk membunuh karakter Sarah Connor. Mengetahui hanya nama dan lokasi umum dari target, cyborg menggunakan direktori telepon dari bilik telepon umum untuk secara sistematis membunuh semua orang di daerah setempat dengan nama itu, dalam urutan di mana mereka muncul dalam direktori, menyebabkan pers dan polisi menggunakan julukan ‘Pembunuh Buku Telepon’.

Hingga pada tahun 1991 Mahkamah Agung AS memutuskan (dalam Feist v. Rural ) bahwa perusahaan telepon tidak memiliki hak cipta pada daftar telepon, karena hak cipta melindungi kreativitas dan bukan hanya tenaga kerja untuk mengumpulkan informasi yang ada.

Tahun 1996 adalah tahun direktori telepon pertama kali online di Amerika Serikat. Yellowpages.com dan Whitepages.com keduanya memulai pada bulan April. Sedangkan pada tahun 1999, direktori telepon online pertama dan situs pencari orang seperti LookupUK.com online di Inggris. Dan di tahun 2003, pencarian di Inggris yang lebih maju termasuk Daftar Pemilihan tersedia di LocateFirst.com .

Merobek buku telepon menjadi dua sering dianggap sebagai suatu kekuatan. Ada Guinness World Records untuk merobek sebagian besar buku telepon dalam periode waktu tertentu. Catatan untuk sebagian besar buku telepon ripping dalam tiga menit didirikan oleh Tina Shelton pada 2007 untuk wanita (21 buku) dan oleh Edward Charon pada 2006 untuk laki-laki (56 buku).

Hingga akhirnya pada abad ke-21, direktori telepon cetak semakin dikritik sebagai pemborosan. Pada 2012, setelah beberapa kota di Amerika Utara mengeluarkan undang-undang yang melarang distribusi buku telepon, sebuah kelompok industri menggugat dan memperoleh putusan pengadilan yang mengizinkan distribusi untuk dilanjutkan. Pembuatan dan distribusi direktori telepon menghasilkan lebih dari 1.400.000 metrik ton gas rumah kaca dan mengonsumsi lebih dari 600.000 ton kertas setiap tahun. Akibatnya, munculnya Internet dan telepon pintar di abad ke-21 ini sangat mengurangi kebutuhan akan buku telepon kertas yang membuat beberapa komunitas, seperti Seattle dan San Francisco, berusaha untuk melarang distribusi yang tidak diminta mereka sebagai pemborosan, tidak diinginkan dan berbahaya bagi lingkungan.

Sumber: Wikipedia
Editor: A.KS

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close