EdukasiInfo SainsJiwa & Raga

Alasan Stres Dapat Sebabkan Penuaan Dini

Penuaan (Inggris:Aging) adalah hasil akumulasi dari perubahan organisme atau objek karena waktu. Penuaan pada manusia berkaitan dengan proses multidimensional fisik, psikologis dan perubahan sosial.

Akan tetapi, ada saat dimana suatu kondisi tertentu pada manusia yang menyebabkan penuaan lebih cepat diluar daripada pengaruh umur

Dilansir dari National Geographic.grid.id, yang dipublikasikan dalam Ecology Letters, menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi salah satu aspek paling penting dalam proses penuaan, pada tingkat DNA dasar kita. Penelitian tersebut menunjukkan bagaimana stres dapat menyebabkan jam biokimia tubuh yang ada di dalam kromosom kita untuk berdetak lebih cepat.

DNA – materi genetik dalam sel kita – tidak mengambang bebas di dalam inti sel, tapi terorganisir menjadi gumpalan bernama kromosom. Ketika sebuah sel membelah dan memproduksi sebuah replika dirinya, sel itu harus membuat salinan DNA, dan karena proses ini ada bagian kecil yang selalu hilang pada salah satu ujung setiap molekul DNA.

Untuk melindungi bagian penting dari DNA agar tidak hilang, ujung kromosom ditutup dengan rangkaian khusus yang disebut telomer. Telomer akan hilang secara bertahap selama pembelahan sel berturut-turut.

ROBERTPRZYBYZ:Getty Images:iStockphoto

Telomer (yang berwarna putih) berperan seperti penyangga bagi kromosom Anda.US Dept of Energy Human Genome Program

Hilangnya telomer secara bertahap ini bagaikan jam bagi sel setiap terjadi replikasi, telomer menjadi semakin pendek, dan pada titik tertentu akan menjadi terlalu pendek sehingga memaksa sel mati.

Pertanyaan utamanya adalah seperti apa proses ini, yang terjadi di tingkat sel, berperan dalam kematian kita. Apakah mati-hidupnya dari setiap sel benar-benar sangat berarti? Apakah jam telomer yang berdetak benar-benar menghitung mundur waktu yang tersisa di tubuh kita untuk hidup?

Penuaan sel hanyalah salah satu dari sekian banyak komponen penuaan – tapi komponen ini merupakan salah satu yang paling penting. Kerusakan jaringan tubuh kita secara bertahap, dan kematian sel-sel kita yang tidak dapat dipulihkan, menyebabkan efek penuaan yang paling mencolok seperti hilangnya kebugaran fisik, kerusakan jaringan ikat yang menyebabkan keriput pada kulit, atau penyakit saraf seperti penyakit Parkinson

Sumber   : NationalGeographic.grid.id
Editor         : WS

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close