KesehatanEdukasiPendidikan

Poltekkes Mamuju Beri Penguatan Peran Bidan di Masa Pandemi Covid-19

BIMATA.ID, MAMUJU –Kegiatan pengabdian masyarakat adalah sebuah amanah yang dibebankan kepada seorang dosen sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi selain Pendidikan dan Penelitian. Pengabdian masyarakat diharapkan sebagai tempat untuk mengimplementasikan teori yang diajarkan di kelas atau bahkan telah dibuktikan melalui kegiatan penelitian ilmiah.

Salah satu tim Pengabdian Masyarakat Dosen Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mamuju, yang diketuai oleh dr. Ahmady, M.Kes memilih mengimplementasikan pengabdian kepada masyarakat di Pustu Tadui Kecamatan Mamuju sebagai sasaran Jumat, 18 Desember 2020, 

Kegiatan diawali dengan penjelasan oleh Bapak Ashriady, SKM., M.Kes. Alumni Magister epidemiologi Unhas ini menjelaskan tentang maksud kedatangan Tim Pengabmas Jurusan Kebidanan Poltekkes Mamuju.

“Kami yakin bahwa ibu bidan dan para kader sekalian memahami betul tentang kondisi saat ini, kondisi new normal yang mengharuskan kita keluar rumah namun tetap memperhatikan protokol kesehatan, ‘paparnya

Pihaknya memberikan apresiasi yang besar kepada Kepala Pustu Tadui dan staf yang telah berusaha menerapkan protokol kesehatan dalam pelayanan pasien. Menurutnya beberapa pasien yang dilayani telah menggunakan masker namun penguatan senantiasa tetap harus dilakukan untuk mengantisipasi kelalaian,  mengingat kasus Corona di Mamuju belum berhenti.

Sementara itu, dr. Ahmady, M.Kes dalam paparannya menekankan tentang pentingnya menerapkan pola hidup yang sehat dalam mencegah penularan Covid-19, selain tetap patuh pada protokol kesehatan.

“Kajur Kebidanan ini menghimbau kepada kader sebagai ujung tombak bidan di lapangan untuk membantu mensosialisasikan perilaku sehat ini kepada Masyarakat di sekitarnya,”ungkapnya

Di akhir sesi Abbas Mahmud, S.Si, Apt., M.Kes memberikan trik menjaga kondisi tubuh di masa pandemi dengan penggunaan ramuan tradisional. Alumni Farmasi Unhas ini merujuk pada Surat Edaran dari Kementerian Kesehatan tentang Pemanfaatan Obat Tradisional untuk Pemeliharaan Kesehatan, Pencegahan Penyakit, dan Perawatan Kesehatan.

Kepala Pustu Tadui, Nur Aliah Rahman, Amd.Keb mengucapkan terima kasih banyak kepada Tim Pengabmas Jurusan Kebidanan Poltekkes Mamuju yang telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu kepada bidan dan kader di Pustu Tadui. 

“Semoga apa yang Bapak-Bapak sampaikan dapat memotivasi kami untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi dan berusaha menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, “pungkasnya

Rilis/Usman

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close