Regional

TPID Gowa Klaim Harga dan Stok Bahan Pokok Jelang Ramadan Masih Aman

BIMATA.ID, Gowa – Jelang bulan suci Ramadan, harga dan ketersediaan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional, minimarket, distributor dan agen di wilayah Kabupaten Gowa dipastikan aman.

Hal ini berdasarkan hasil pemantauan langsung Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di beberapa pasar, minimarket dan distributor dan agen di wilayah Kabupaten Gowa pada Kamis (31/3/2022).

“Setelah kita melakukan pemantauan, Alhamdulillah pada prinsipnya H-2 sebelum Ramadan tidak ada pergerakan harga yang signifikan,” kata Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Akbar Mu’in.

Akbar mengatakan, bahwa ada tiga pasar yang menjadi lokasi pemantauan TPID, yaitu Pasar Induk Minasamaupa, Pasar Sentral Sungguminasa dan Pasar Bu’rung-Bu’rung di Kecamatan Pattallassang serta sejumlah distributor dan agen terigu, gula, minyak dan gas LPG. Sedangkan untuk minimarket dilakukan di wilayah Kecamatan Somba Opu dan Pallangga.

“Pada prinsipnya harga-harga masih tetap sama dengan minggu lalu. Kita berharap mudah-mudahan setelah memasuki Ramadan bahkan hingga Idul Fitri harga ini tetap. Walaupun ada pergerakan harga kita berharap masih dalam batas kewajaran,” ujarnya.

TPID Gowa_Bimata.id
TPID Kabupaten Gowa. (ist)

Begitu pun stok kebutuhan pokok yang ada di agen-agen, sampai saat ini tersedia, seperti gula, terigu, dan tabung gas LPG. Begitupun dengan minyak goreng yang akhir-akhir ini dikeluhkan masyarakat.

“Minyak goreng pada prinsipnya sudah tersedia, para penjual tidak lagi kesusahan mendapatkan stok minyak seperti sebelumnya, tapi hanya memang harganya yang meningkat karena adanya pencabutan subsidi,” kata dia.

Selainnya mengecek harga dan ketersediaan kebutuhan pokok, Akbar juga menyebutkan pada kesempatan ini, tiga tim yang turun juga mengecek tanggal kadaluarsa sejumlah kebutuhan pokok di minimarket. Ia berharap semua kebutuhan pokok yang dikonsumsi masyarakat khususnya selama Ramadan aman.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni berharap, harga dan ketersediaan kebutuhan pokok selama Ramadan bahkan hingga Idul Fitri tetap terjaga.

“Kita berharap harga dan stok kebutuhan pokok untuk masyarakat di Kabupaten Gowa ini khususnya jelang Ramadan atau selama bulan suci Ramadan hingga Idul Fitri tetap terkendali baik dari segi harga maupun ketersediaannya,” harapnya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close