BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Himmatul Aliyah Dorong Peran Polisi Lingkungan Ditingkatkan

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Himmatul Aliyah terus mendorong pemerintah untuk mengambil kebijakan tegas terhadap para perusak lingkungan.

Hal itu bertujuan agar kelestarian lingkungan bisa terjaga. Dia mengatakan salah satu usulannya adalah peningkatan peran polisi lingkungan untuk memastikan aturan dan regulasi terkait lingkungan dapat ditegakkan dengan baik.

BACA JUGA: Prabowo akan Lanjutkan Komitmen Indonesia terhadap Pengelolaan Air Dunia di Pemerintahan Mendatang

“Misalnya, berapa meter dari aliran sungai boleh ada bangunan, tapi kenyataannya, bangunan-bangunan justru menempel di sungai. Ketika terjadi bencana, akhirnya menjadi bencana bagi kita semua. Hal-hal seperti ini perlu diatur dengan ketat. Nah, ini penting sekali untuk adanya polisi lingkungan,” kata Himmatul Aliyah dalam keterangan tertulis, Senin (20/5/2024).

Selain itu, Himmatul Aliyah yang juga menjabat sebagai Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) turut mengkritisi rendahnya perencanaan lingkungan yang dimiliki oleh pimpinan daerah.

Dia menilai kebijakan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan sangat diperlukan demi kelangsungan ekosistem yang sehat. Hal itu diungkapkan olehnya saat Kunjungan Kerja BKSAP di Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Pengamat : PDIP Aktif sebagai Oposisi: Persiapan Hadapi Pemerintahan Prabowo-Gibran?

“Perencanaan lingkungan sangat penting karena jika dilakukan tanpa perencanaan yang baik, tidak memperhatikan kualitas lingkungan, kualitas air, dan lainnya, tentu akan menjadi bencana di kemudian hari. Dalam Pasal 33 UUD 1945 disebutkan bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara, namun banyak sumber mata air yang justru dikuasai oleh swasta,” tutupnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close