BeritaNasionalPolitik

Mahfud MD Tanggapi Ucapan Presiden Terkait Debat Capres Dievaluasi

BIMATA.ID Kadipaten Pakualaman  Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Mahfud MD mengaku tak mempersoalkan format debat yang diberlakukan KPU pada Pemilu 2024 ini.

Menurutnya pernyataan Presiden Joko Widodo yang ingin agar format debat dievaluasi sepenuhnya menjadi kewenangan dari KPU sebagai penyelenggara Pemilu. “Apa yang perlu diubah? Ya terserah KPU aja,” kata Mahfud ditemui seusai Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman, Rabu (10/1/2024).

Menurut Mahfud, format debat yang diselenggarakan oleh KPU sekarang sudah lumayan bagus. Sebab format ini pun sudah dipakai di beberapa penyelenggaraan Pemilu sebelumnya. “Menurut saya sudah bagus dan tradisinya sudah tiga kali Pemilu seperti itu,” ujarnya.

Mahfud juga menambahkan bahwa, dalam debat menang dan kalah merupakan hal yang biasa. Lagi pula penampilan para kontestan sepenuhnya dinilai oleh masyarakat yang menyaksikan.

“Ya gapapa, kan biasa dalam debat ada yang menang. Secara opini ya, bukan Pemilu dan kalah secara opini tergantung penampilan, ndak papa,” kata dia.

Mahfud tidak mau beranggapan bahwa pernyataan Presiden Joko Widodo yang ingin agar format debat Pemilu dievaluasi merupakan bentuk intervensi atau pasang badan dari orang nomor satu di Indonesia itu.

“Ga, biar masyarakat aja yang menilai, saya kan ga perlu menilai pasang badan dan sebagainya,” kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyayangkan penyelenggaraan debat calon presiden (capres) ketiga yang dinilai seakan kehilangan substansi.

“Pertama saya memang melihat, substansi dari visi [kontestan] malah tidak kelihatan. Yang kelihatan justru saling menyerang, yang sebetulnya enggak apa apa, asal [itu soal] kebijakan, asal policy, asal visi ya enggak apa-apa,” ujarnya di rumah makan Kampung Kecil Serang, Banten, Senin (8/1/2024)

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close