BeritaEkonomiInternasionalNasionalPeristiwaPolitikUmum

RI Susah Ekspor Kopi ke Eropa, Prabowo: Kami Juga Ingin Jadi Negara Industri

BIMATA.ID, Jakarta – Capres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto, mengungkapkan betapa sulitnya membuka ekspor kopi Indonesia di Eropa untuk bisa bersaing dalam perdagangan bebas internasional.

Prabowo menekankan Indonesia berhak memperjuangkan kesetaraan untuk mengembangkan diri menjadi negara maju dengan mengekspansi produk sendiri di pasar Eropa.

BACA JUGA: Prabowo Dorong Kerjasama RI-China di Berbagai Bidang, SDM hingga Ekonomi Hijau

“Kami membuka pasar untuk anda (Eropa) untuk (menjual produk) Mercedes, Volkswagen, Airbus, keadilan Indonesia saya rasa baik (untuk Eropa),” ungkap Prabowo dalam sesi tanya jawab di acara ‘Arah dan Strategi Politik Luar Negeri’ yang digagas CSIS, Jakarta, Senin (13/11).

“Kami ingin perlakuan yang sama, untuk kopi dan coklat (seperti) itu orang Eropa. Saya ingin setara,” lanjutnya.

Prabowo menegaskan harus ada fair level of playing fields di dalam kerja sama atau kolaborasi perdagangan bebas internasional. Ia menginginkan Indonesia juga menjadi negara industri, seperti negara-negara maju di Eropa.

“Pada prinsipnya kami memang harus mempertahankan perdagangan bebas, tapi tidak ada prinsip yang sangat penting bagi kami (selain) kesetaraan,” tegas Prabowo.

BACA JUGA: Pengamat Politik: Pasangan Prabowo – Gibran Semakin Kokoh di Tengah Kritik Politik Dinasti

“Jadi, kami harus memproduksi barang industri, ini adalah hak kami. Kami butuh kesempatan yang adil,” imbuhnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close