BeritaKesehatanRegional

Pemkab Batang Gelar Layanan Kesehatan Untuk Masyarakat

BIMATA.ID, Batang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan pada masyarakat secara gratis sebagai upaya menekan risiko penyakit tidak menular yang dinilai cukup meningkat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang, Didit Wisnu Hardanto mengatakan, pada kegiatan itu pihaknya melibatkan 16 organisasi profesi untuk memberikan layanan kesehatan masyarakat.

“Skrining menjadi upaya kami untuk bisa mengedukasi dan memberikan pemeriksaan awal serta penanganan kesehatan pada masyarakat yang berisiko memiliki penyakit tidak menular,” kata Kepala Dinkes Batang, Didit Wisnu Hardanto di Batang, pada Senin (06/11/2023).

Baca juga: Rencana Kirim Kapal Rumah Sakit TNI untuk Palestina, Prabowo akan Terbang ke Kairo

Menurutnya, dengan adanya kecenderungan penyakit tidak menular yang meningkat, maka masyarakat dapat memanfaatkan layanan kesehatan tersebut. Selain memberikan layanan kesehatan gratis, kata di, pihaknya juga mengajak warga melakukan gerakan masyarakat sehat (germas).

Pada kegiatan tersebut, pihaknya menyediakan layanan kesehatan seperti pemeriksaan laboratorium, cek gula darah, kolesterol, konsultasi dengan dokter, konsultasi obat-obatan, dan skrining gangguan keseimbangan.

Diketahui, sudah ada 16 organisasi profesi yang terlibat pada kegiatan tersebut antara lain Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia, dan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia.

Lihat juga: Dubes Palestina Sebut Beasiswa dari Prabowo Bantuan yang Signifikan

“Ya, pada kegiatan layanan kesehatan itu, kami menemukan beberapa masyarakat yang mengalami asam urat tinggi, gula darah tinggi, dan lainnya,” kata Didit

Untuk diketahui, Piala Dunia U-17 digelar secara serentak di empat stadion di Indonesia, yakni Stadion Manahan Surakarta, Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Si Jalak Harupat Bandung.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close