BeritaEkonomiPertanianRegional

Mentan SYL Fasilitasi Pembiayaan KUR Pertanian Demi Tingkatkan Pendapatan Petani Milenial di Cianjur

BIMATA.ID, Cianjur- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) memberikan dukungan penuh kepada petani milenial Kelompok Tani (Poktan) Multi Tani Jaya Giri (Mujagi) di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar) untuk meningkatkan pendapatan mereka dengan memfasilitasi pembiayaan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian.

“KUR merupakan penyelamat perekonomian Indonesia. Dengan KUR, roda perekonomian dasar masyarakat akan kembali bergerak saat pandemi Covid-19,” ujar SYL, Jumat (10/9/2021).

SYL berharap, semua stakeholder bekerja keras agar KUR Pertanian bisa terus diserap oleh petani.

Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan), Ali Jamil mengatakan, selain mampu membuka lapangan pekerjaan, KUR Pertanian merupakan penyangga ekonomi keluarga dan ekonomi dasar di semua daerah.

Dengan KUR, pertanian akan menjelma menjadi kekuatan pemerintah untuk keluar dari krisis yang dihadapi akibat pandemi Covid-19. Pasalnya, dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tak cukup untuk menggairahkan sektor pertanian.

“KUR merupakan kebijakan pemerintah, karena kredit ini termasuk dana bank dengan bunga yang disubsidi pemerintah. Maka dari itu, gunakan KUR sebagai fasilitas negara,” tutur Ali.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close