BeritaHukumNasionalPolitikRegional

Jelang Pemilu 2024, Aboebakar Alhabsy Minta Polri Jaga Independensi dari Pengaruh Politik

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Komisi III dari Fraksi PKS, Aboe Bakar Al Habsy, menegaskan pentingnya netralitas Polri dan jajarannya dalam mengawal Pemilu 2024. Pernyataan ini disampaikan dalam rapat kerja antara Komisi III DPR RI dan jajaran Polri di Ruang Rapat Komisi III, DPR RI, Senayan, Jakarta, pada Rabu (15/11/2023).

“Dalam rapat kerja kita hari ini dengan Polri, kita membahas banyak hal terkait persiapan pengamanan Pemilu 2024. Rapat ini sangat krusial karena akhir bulan ini kita akan memasuki tahap kampanye,” ungkap Aboe Bakar Al Habsy.

Ia menambahkan bahwa perlu memastikan situasi pemilu yang aman dan damai. Dari hasil rapat, terlihat bahwa Polri sudah cukup siap untuk mengamankan Pemilu.

Baca Juga : Jadi Ketua Repnas Prabowo Komisaris PT KPI Undur Diri, Ini Alasannya!

“Karena Polri merupakan organisasi besar dengan banyak kewenangan, kita perlu memastikan bahwa tidak ada pihak yang mencoba menggunakan Polri untuk kepentingan pribadi atau mendukung pemenangan mereka,” tambahnya.

“Saya ingin menekankan, aspek terpenting bagi Polri adalah menjaga netralitas. Sebagai organisasi besar, Polri memiliki banyak kewenangan, dan ada potensi bagi beberapa pihak untuk mencoba memanfaatkannya demi keuntungan mereka sendiri,” tegas Aboe Bakar Al Habsy.

Habib Aboe Bakar juga menyoroti informasi yang beredar bahwa ada tekanan terhadap aparat di bawah, yang mungkin merasa dilema karena adanya desakan untuk mendukung pasangan calon tertentu. “Hal ini sedang menjadi perhatian publik dan menjadi viral,” katanya.

Simak Juga : Prabowo Dorong Perdamaian di Pertemuan Menhan se-ASEAN dan AS

Aboe Bakar Al Habsy menekankan bahwa situasi semacam ini tidak boleh terjadi, dan Kapolri harus dapat mengkonsolidasikan jajaran Polri agar tetap independen dan netral.

“Mekanisme satuan di internal Polri harus dijalankan dengan baik untuk memastikan setiap anggota melaksanakan tugasnya dengan integritas. Tidak boleh ada anggota yang tergoda untuk mendukung satu arah tertentu. Saya percaya ini akan menjadi tantangan besar bagi Polri dalam Pemilu mendatang,” tuturnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close