BeritaNasionalPeristiwaPolitikRegionalUmum

Survei SRS: Warga Nahdliyin Condong Pilih Prabowo, Capai 41,4% Ungguli Ganjar dan Anies

BIMATA.ID, Jatim— Hasil Survei Surabaya Research Syndicate (SRS) mengungkap bahwa Warga Nahdliyin cenderung lebih condong menjatuhkan pilihannya pada kandidat calon presiden Prabowo Subianto ketimbang Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Provinsi Jawa timur merupakan Basis terbesar warga NU, sehingga selalu menjadi penentu kemenangan seorang calon presiden sejak Pilpres 2004 silam.

BACA JUGA: Survei SRS: Head to Head Anies Kalah Telak Lawan Prabowo

“Berdasarkan analisis tabung silang dari hasil survei SRS diketahui bahwa bagian terbesar kaum Nahdliyin 41,4% cenderung memilih Prabowo. Sebanyak 34,3% menjatuhkan pilihan pada Ganjar, sedangkan yang memilih Anies hanya 13,6% dan 10,7% nya masih galau alias belum bisa membuat keputusan memilih siapa.” papar Edwin Abdul dalam rilis survei melalui Virtual Zoom, Jumat (15/9).

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kalangan warga NU di Jawa Timur tetap menjatuhkan pilihan pada Prabowo meskipun sebelumnya diketahui adanya deklarasi capres cawapres pasangan Anies-Cak Imin yang faktanya tidak mengubah secara signifikan konfigurasi elektabilitas bacapres di provinsi Jawa Timur.

BACA JUGA: Survei SRS: Ganjar dan Anies Kalah Dari Prabowo di Jawa Timur

Mengapa hal itu bisa terjadi, berdasarkan analisa Survei SRS, Warga NU di Jawa Timur berpatok pada pilihan politik Gus Dur sebagai rujukan dalam memilih bacapres.

“Sebagaimana telah diberitakan di berbagai media, menurut Gus Dur tokoh nasional yang paling ikhlas mengurus rakyat adalah Prabowo Subianto. Gus Dur juga pernah menyatakan bahwa Prabowo akan menjadi Presiden RI di saat usia senja.” tulis paparan hasil kesimpulan Survei SRS.

Survei SRS ini dilakukan pada periode 3-12 September 2023 dengan menggunakan metode teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (Multistage Random Sampling).

BACA JUGA: Warga NU dan Pemilih PKB Masih Setia Ke Prabowo Pasca Deklarasi Anies Cak Imin

Survei SRS ini menggunakan sampel sebanyak 1000 responden yang didistribusikan ke seluruh Kota/Kabupaten yang ada di seluruh Jawa Timur secara proporsional seperti Kota Surabaya, Kabupaten Malang, Kabupaten Jember, Blitar, Kota Pasuruan, dan Kota Probolinggo.

Kemudian, Margin of Error dalam Survei SRS ini diketahui kurang lebih 3,1 persen dan pada tingkat kepercayaan (Level of Confidence) sebesar 95 persen.

BACA JUGA: Ratusan UMKM dan Kaum Difabel Kota Bandung-Cimahi Deklarasi Dukung Prabowo

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close