BeritaNasionalOpiniPolitik

Deklarasi KAMI, Politisi Golkar : Mereka Abaikan Protokol Kesehatan

BIMATA.ID, JAKARTA- Politisi Golkar Ace Hasan Syadzily mengkritik sejumlah tokoh politik memanfaatkan pandemi sebagai panggung untuk mendeklarasikan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI).

“Sayang sekali jika situasi pandemi saat ini, yang seharusnya kita bersatu-padu menghadapi Covid-19, ada sebagian elite bangsa ini memanfaatkannya sebagai panggung politik berbungkus gerakan moral, karena tokoh-tokoh yang terlibat dalam gerakan ini merupakan tokoh-tokoh politik,” ujar Ace.

Deklarasi yang dilakukan di Tugu Proklamasi, Jakarta itu mengabaikan protokol kesehatan. Sebab, deklarasi dilakukan dengan mengumpulkan orang banyak. Dia menilai, hal ini tidak menunjukan keteladanan bagi rakyat.

“Bukan saja telah menyalahi aturan, tetapi sungguh tidak menunjukkan keteladanan bagi rakyat yang diatasnamakannya,” ucapnya.

Berbeda dengan deklarasi KAMI yang berkerumun dan berpotensi terjadi penularan Covid-19. Ace menilai dalam demokrasi setiap orang berhak menyuarakan pendapat. Tetapi, Ace mempertanyakan maksud dari deklarasi KAMI tersebut.

“Sebagai sebuah gerakan penyelamatan, pertanyaannya, apanya yang perlu diselamatkan? Sejauh ini, pemerintahan Jokowi ini merupakan produk dari mekanisme demokrasi yang telah sejalan dengan konsitusi kita dan hasil dari pemerintahan rakyat Indonesia,” ucapnya.

Dia menuturkan, sudah ada mekanisme konstitusi dan perundangan jika ada hal-hal yang perlu diluruskan.

“Seharusnya, sebagaimana kata Presiden Jokowi, krisis pandemi Covid-19 ini kita jadikan sebagai momentum bagi transformasi Indonesia untuk melalukan lompatan besar menuju Indonesia maju,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close