Regional

Lorong-lorong Makassar Dilengkapi CCTV, Kapolda Apresiasi Danny Pomanto: Kejahatan Menurun

BIMATA.ID, Makassar – Pemkot Makassar bersama Polda Sulsel sepakat memperpanjang kerja sama pelayanan publik berbasis teknologi informasi dan command center.

Memorandum of Understanding (MoU) diteken langsung Kapolda Sulsel Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Senin (11/9/2023).

Kapolda Sulsel Irjen Setyo Boedi mengapresiasi Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto karena telah menempatkan CCTV di lorong-lorong Makassar.

“Pak wali ini luar biasa karena sudah menempatkan ribuan CCTV. Dengan kerja sama integrasi jaringan IT antara Makassar dengan Polda maka itu saling mendukung untuk menciptakan ketertiban di masyarakat,” kata Setyo di sela-sela meninjau War Room Balai Kota.

Menurutnya, upaya itu membuat Polda terbantu dengan baik dalam pengungkapan kasus-kasus kejahatan sekaligus mendukung ETLE yang terdeteksi mengalami penurunan dalam pelanggaran lalu lintas.

“Tentunya masyarakat diuntungkan karena tingkat kejahatan menurun. Membantu mengawasi tingkat eskalasi secara langsung, deteksi dini. Jadi bisa diantisipasi dengan baik. Efektivitas jaringan IT dan penempatan CCTV ini sangat membantu,” ucapnya.

Termasuk mendukung ketertiban dalam agenda Pilpres juga Pilkada mendatang.

Sementara itu, Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan, perpanjangan kerja sama ini sudah dilakukan tiga kali.

Sembari bekerjasama, timnya juga memanfaatkan momentum ini untuk meminta saran-saran dari Kapolda.

Apalagi, Pemkot Makassar, tengah membuat War Room terbaru.

“Saya minta saran, misalnya CCTV-nya dipasang di jalur mana lagi, angelnya bagaimana, jadi kalau dipasang face recognize bisa langsung direlay ke Polda. Jadi antisipasi, reaksi, mitigasi bisa lebih cepat,” kata Danny.

Tentunya, kata Danny, langkah ini pula untuk menjaga stabilitas keamanan seiring agenda nasional; politik tahun depan.

“Jadi harus dijaga dan dimitgasi,” ujarnya.

Untuk War Room baru itu, Danny menjelaskan, fasilitasnya aalah teknologi paling baru atau 8K.

Memang tidak tanggung-tanggung. Pasalnya ia ingin pembangunan itu menjadi legacy meski nanti bukan lagi menjabat wali kota.

Ditambah lagi kebermanfaatannya masih panjang dengan garansi 100 ribu jam. Begitupun dengan coveragenya.

Kini CCTV sudah terpasang di 2.007 lorong wisata dari target 5 ribu lorong. Hal itu diharapkan agar semua sisi kota termonitor dengan baik.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close