BeritaEdukasiEkonomiNasionalPolitikRegionalUMKM

Dwita Apresiasi Keberadaan Bank Sampah Mulia Berseri di Kudus

BIMATA.ID, Kudus – Anggota Komisi IV DPR RI Dwita Ria Gunadi menyampaikan apresiasinya kepada warga perumahan muria indah Kudus di Kabupaten Kudus. Hal ini karena masyarakat telah mengelola bank sampah dengan sangat baik yang membawa dampak menjaga lingkungan karena mengkategorikan sampah sesuai dengan kelompoknya plastik, daun atau pecah belah.

Hal ini disampaikan Dwita Ria Gunadi kepada media saat mengunjungi bank sampah mulia berseri di Kudus, Jawa tengah, pada beberapa waktu lalu.

“Bank sampah mulia berseri di Kabupaten Kudus. Nah ini kita untuk melihat bagaimana dan mengedukasi masyarakat ini untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sampah ini kan banyak, setiap hari selama kita makan pasti sampah akan diproduksi gitu. Tapi sampah sampah yang diproduksi ini tentunya akan memberikan nilai tambah, memberikan nilai tambah dan juga menjaga kebersihan lingkungan. Seperti contoh tadi banyak jenis-jenis sampah dengan beberapa kriterianya, nah itu masyarakat tidak membuang sembarangan tapi disetor ke sini gitu loh,” kata Dwita Ria Gunadi, dikutip dari website resmi DPR RI, Jumat (29/09/2023).

Baca Juga : Momen Akrab Prabowo dan Kaesang di Perayaan HUT Luhut: Kapan ke Hambalang?

Selain itu Dwita mengatakan bahwa bank sampah mulia berseri ini juga menggunakan Eco enzim dimana sampah limbah organik dapur difermentasi menjadi bahan yang memiliki banyak manfaat.

“Dan ini juga memberikan edukasi juga enggak hanya kepada orang tua tapi kepada anak-anak untuk disiplin sejak kecil, untuk menjaga kebersihan di rumah mereka masing-masing. Selain itu saya lihat mereka juga menggunakan eco enzim. Nah eco enzim ini sangat banyak sekali manfaatnya, termasuk untuk kesehatan covid, termasuk untuk pupuk, pestisida untuk mengusir tikus dan kami juga sudah mempelajarinya,” jelasnya.

Simak Juga : Silaturahmi ke Surabaya, Prabowo Didoakan Para Kiai NU: Wujudkan RI yang Baldatun Thoyyibatun wa Rabbun Ghofur

Terakhir ia berharap makin banyak orang yang mencontoh bank sampah mulia berseri ini dan kami juga meminta mitra (KLHK) untuk memfasilitasi 3 buah bentor untuk warga mengirim limbahnya ke bank sampah dan MCK agar petugas bank sampah dapat nyaman melakukan kegiatan di bank sampah ini.

“Jadi dengan harapan semakin banyak orang sebagai member anggota bank sampah ini, lingkungan kita semakin bersih. Nah ini mereka minta bantuan tadi untuk mengangkut sampah dari rumah ke rumah. Tentunya dengan jarak tempuh yang lumayan ya kalau harus menjinjing, alhamdulillah kami dengan mitra (KLHK?) akan memberikan bentor 3 buah dan juga bantuan untuk MCK ini kamar mandi toilet satu buah dari ID FOOD,” tuturnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close