BeritaKesehatanNasionalOpini

Dirawat di RS Polri, Rif’at Korban Kecelakaan Kabel Optik Semakin Membaik

BIMATA.ID JAKARTA  Sultan Rif’at Al Fatih kini masih menjalani perawatan dengan sejumlah tindakan untuk bisa sembuh dari kelumpuhan pita suara. Apa yang dideritanya merupakan dampak dari kecelakaan tersangkut kabel fiber optik di daerah Jakarta Selatan.

Kepala Pusdokkes Polri Irjen. Pol. Asep Hendradiana menjelaskan bahwa perawatan yang telah diberikan kepada Rif’at berupa perbaikan keadaan umum.

“Saat ini fungsi hati telah normal, BB semula 46.7 kg telah naik menjadi 52.7 kg. Aspirasi pneumonia sudah baik. Hepatitis C saat ini masih mendapatkan pengobatan anti virus selama 3 bulan,” jelas Kapusdokkes, Jumat (29/9/2023).

Dijelaskan Kapusdokkes, Rif’at juga sudah mendapatkan tindakan Fluoroskopi oleh Radiointervensi, Bronkoskopi untuk bronchial toilet, Esofagoskopi, dan Medialisasi pita suara dengan penyuntikan lemak dari perut ke pita suara (injeksi laringoplasti). Selanjutnya, akan dilakukan dilatasi balon untuk mengatasi striktur esofagus.

Hasil pemeriksaan terakhir, ujarnya, didapatkan tindakan medialisasi pita suara berhasil baik. Lalu, aspirasi berkurang pasca tindakan dan pasien sudah bisa berbicara dengan menutup lubang tracheostomi.

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close