Politik

Unggul Jauh Dibanding Ganjar dan Anies, Elektabilitas Prabowo Capai 47 Persen Versi SPIN

BIMATA.ID, Jakarta – Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei elektabilitas tiga kandidat bakal calon presiden di Pilpres 2024. Menhan Prabowo Subianto masih unggul dibanding Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Direktur SPIN Igor Dirgantara memaparkan hasilnya dalam survei bertajuk “Perkembangan Elektabilitas Capres Agustus 2021 hingga Juli 2023 (Simulasi 3 Capres) pada Jumat (4/8/2023).

“Responden yang memilih Pak Prabowo sebesar 41,7 persen lalu diikuti Ganjar di posisi kedua 30,3 persen, lalu Anies di posisi ke tiga dengan 21,0 persen,” kata Igor dalam rilis virtual.

Tren dukungan ke Prabowo menurut survei SPIN terus meroket. Sementara Ganjar mengalami stagnan pasca-blunder yang sering dilakukan baik oleh dirinya maupun timnya. Begitu pun Anies juga mengalami hal yang sama.

Sementara, masih ada sejumlah 7,0 persen publik yang belum memiliki pilihan.

Survei ini dilakukan pada periode 15-25 Juli 2023 dengan menggunakan teknik sampel multistage random sampling yang tersebar di 34 provinsi Indonesia dengan total responden 1.230.

Adapun, margin of error level confidence +/- 2,8 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close