BeritaInternasionalPeristiwa

Presiden Siap Dukung Pengelolaan Hutan dan Pengembangan Industri di Kongo

BIMATA.ID, AFRIKA SELATAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) gelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Kongo, Jean-Michel bersama Lukonde di Sandton Convention Centre, Johannesburg, Republik Afrika Selatan, pada Kamis, (24/08/2023).

Dalam pertemuan itu, Presiden menilai bahwa Indonesia, dan Kongo memiliki peluang peningkatan kerjasama dalam mengembangkan nilai ekonomi hutan, serta antisipasi dalam upaya mengatasi perubahan iklim.

“Indonesia dan Kongo adalah pemilik hutan tropis terbesar di dunia, kerjasama kedua negara penting untuk kembangkan nilai ekonomi hutan dan berkontribusi atasi perubahan iklim, saya harap kita dapat lebih tingkatkan kerja sama,” ucap Presiden Jokowi, di Sandton Convention Centre, Johannesburg, Republik Afrika Selatan, pada Kamis, (24/08/2023).

Baca juga: Deklarasi Bintang Garuda, Haris Rusly Moti: Kita Menangkan Pak Prabowo dengan Kampanye Sejuk dan Damai

Sambungnya, Indonesia siap berbagi pengalaman dalam hal konservasi gambut hingga pengelolaan hutan lestari. Oleh karena itu, Presiden berharap kerja sama antara Indonesia, dan Kongo dalam hal tersebut dapat ditingkatkan.

“Indonesia siap berbagi pengalaman dan keahlian terkait ekosistem hilirisasi dan akan dorong BUMN Indonesia terlibat dalam eksplorasi dan investasi,” jelasnya.

Selain itu, Presiden Jokowi mengajak PM Lukonde untuk mendorong terwujudnya sejumlah kerjasama beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia dengan Kongo yang saat ini tengah dijajaki.

Lihat juga: Momen Prabowo Bertandang ke Pentagon AS, Disambut Langsung Menhan Austin

Sekedar informasi, dalam pertemuan tersebut Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar RI untuk Republik Afrika Selatan Saud Purwanto Krisnawan.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close