BeritaRegionalUMKM

Festival UMKM Sembada 2023 Tembus Transaksi Rp 325 Juta

BIMATA.ID, SLEMAN – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Sleman resmi menutup Festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sembada 2023.

Diketahui, event tersebut diklaim sukses menjadi wadah tumbuh dan promosi pelaku usaha kelas menengah di Bumi Sembada. Bahkan, transaksi dalam gelaran tersebut mencapai Rp 325 Juta.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Haris Martapa mengatakan, Festival UMKM Sembada 2023 diikuti 130 UMKM dari kelas menengah. Serta, digelar selama empat hari sejak 24-27 Agustus 2023. Festival ini diikuti pelaku UMKM dari berbagai bidang usaha. Mulai dari kuliner, fesyen, botani, dan lainnya.

Baca juga: Jokowi Tiba di Muktamar Sufi 2023 Bareng Prabowo dan Habib Luthfi

“Jadi Festival UMKM Sembada ini digelar memang untuk memberikan kesempatan kepada UMKM untuk menggelar produknya. Ini UMKM yang grade-nya itu di tengah,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Haris Martapa pada Senin (28/08/2023).

Sambungnya, adanya ekspor bagi UMKM kelas tiga atau menengah itu, diharapkan mampu memperluas cakupan pasar pelaku usaha ke jenjang yang lebih tinggi.

Menurutnya, pada saat ini pada usaha kelas menengah di Sleman sudah mulai berkembang. Selain itu, urusan perizinan pada kelas tersebut juga sudah tidak ada masalah.

Lihat juga: Beri Sambutan di HUT ke-25 PAN, Prabowo Berikan Pantun Cikini ke Gondangdia

“Produksinya dia juga sudah memiliki produksi yang rutin. Pasarnya mereka sudah punya. Tinggal nanti untuk inovasinya mereka yang perlu digenjot,” jelasnya.

Sekedar informasi, dalam kegiatan itu juga dimeriahkan berbagai kegiatan menarik turut digelar dalam festival itu. Di antaranya seperti talkshow penguatan usaha, talkshow beauty parent, Sembada Brain Battle, dan berbagai lomba.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close