EkonomiBeritaNasionalUmum

Survei: Masyarakat Lebih Berharap Pemerintah Tambah Lapangan Kerja Dibandingkan Bantuan Tunai

BIMATA.ID, Jakarta- Hasil Survei Litbang Kompas periode survei 9-11 Agustus 2022 menyebutkan, 48,3 persen responden menilai kemiskinan dapat teratasi jika pemerintah menambah lapangan pekerjaan. Survei terbaru ini merupakan pendalaman dari jajak pendapat dari Litbang Kompas sebelumnya yang mencatat tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah di bidang penanganan kemiskinan hanya 49 persen.

Mendalami temuan pada Juni 2022 tersebut, jajak pendapat Agustus ini menunjukkan bahwa publik mengharapkan pemerintah mampu memberikan ruang dan modal bekerja. Persepsi publik ini selaras dengan masih sulitnya mencari pekerja di tengah krisis multidimensi akibat Covid-19 yang belum sepenuhnya usai.

Selain lapangan kerja, 23,8 persen responden berharap pemerintah membuka akses pada bantuan modal untuk masyarakat memulai usaha. Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, 12,4 persen responden menyoal pentingnya pendidikan dan pelatihan gratis. Di sisi lain, hanya sebagian kecil dari responden jajak pendapat yang mengharapkan bantuan yang bersifat sementara.

Yakni hanya 13,3 persen yang mengusulkan ada program pemberian bantuan tunai atau bahan pokok untuk penanganan kemiskinan. Merujuk kepada hasil survei ini, ada kecenderungan masyarakat untuk ambil bagian dalam mengatasi kemiskinan alih-alih hanya menggantungkan diri pada bantuan yang bersifat sementara.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close