BeritaEnergiHeadlineHukumInternasionalKesehatanPeristiwaPolitikSains & Tek

Putra Joe Biden Dituduh Danai Program Senjata Biologi Ukraina Oleh Rusia

BIMATA.ID, Jakarta – Putra Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, yaitu Hunter Biden dituduh terlibat dalam pendanaan laboratorium senjata biologi di Ukraina oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

Kremlin mengklaim, dana investasi Rosemont Seneca Partners mendanai program biologi militer Pentagon di Ukraina. Firma tersebut saat ini dikelola oleh Hunter Biden.

Dikutip dari Kumparan.com, Kepala pertanahan radiasi, kimia, dan biologi di Kemhan Moskow, Jenderal Igor Kirillov, menyebut sumber daya untuk aktivitas laboratorium di Ukraina tersebut setidaknya mencapai Rp 34 Triliun.

Kirillov mengutip dokumen tanpa nama yang ditemukan oleh Kremlin. Dokumen itu dimaksudkan untuk membuktikan hubungan antara badan-badan negara AS dan fasilitas biologis di Ukraina.

Kirillov menambahkan, Badan Pembangunan Internasional AS, Yayasan George Soros, dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga terlibat dalam pendanaan dan pengembangan program itu.

“Dokumen yang masuk memungkinkan kami untuk melacak pola interaksi antara lembaga pemerintah AS dan fasilitas biologis Ukraina,” paparnya.

Kirillov menegaskan, Kemhan Rusia memiliki dokumentasi resmi yang membuktikan bahwa 30 laboratorium Ukraina terlibat dalam kegiatan biologi militer.

Kirillov menegaskan, 16.000 sampel biologis telah diekspor ke AS dan sekutunya dari Ukraina. Sampel itu termasuk 4.000 sampel darah yang diambil dari prajurit di Lviv, Kharkiv, Odessa dan Kiev untuk mempelajari prevalensi antibodi terhadap hantavirus.

“Penelitian kekebalan alami populasi secara besar-besaran ini kemungkinan dilakukan untuk menyeleksi agen biologi yang paling berbahaya bagi populasi di wilayah tertentu,” jelas Kirillov.

Namun, Rusia tidak memberikan bukti atas pernyataan yang menyinggung keterlibatan Hunter Biden dalam pendanaan laboratorium tersebut.

 

 

YA

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close