Berita

2.090 Jiwa Mengungsi dan Satu Orang Meninggal Dunia Akibat Banjir di Kutai Timur

BIMATA.ID, Kalimantan Timur – Pusat pengendalian operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Timur,Muriono mengatakan,telah menerima laporan bencana banjir hingga 2 meter masih merendam sebagian besar wilayah kabupaten Kutai Timur,Sekitar 2.090 warga di 2 kelurahan dan 16 desa di 6 kecamatan dan Satu orang dilaporkan meninggal dunia.

“Banjir imbas tingginya curah hujan yang meluapkan sungai Sangatta pada hari Jumat (18/3) lalu, Sekitar 2.090 jiwa mengungsi. Ada satu orang meninggal dunia,” katanya, Senin (21/03/2022).

Pihaknya menerangkan, kebutuhan mendesak penanganan banjir di Sangatta adalah perahu karet, makanan siap saji, selimut, obat-obatan serta tenda pengungsian, air bersih dan bahan bakar minyak.

“Kami dari BPBD meneruskan informasi peringatan dini potensi hujan, untuk mewaspadai ancaman bencana hidrometeorologi,” ucapnya.

Sementara Kasi Operasi dan Siaga Basarnas Balikpapan, Basri, menyatakan telah menurunkan 4 personil rescue dan dua perahu karet ke Kutai Timur, untuk memperkuat operasi SAR korban banjir yang dilakukan Basarnas Pos SAR Kutai Timur dan unsur SAR lainnya.

“Dari pagi tadi, masih ada kegiatan evakuasi. Sampai Minggu kemarin, hampir 1.000 orang kita evakuasi. Kami terus memantau kondisi terkini di lapangan,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close