BeritaBola

Tak Diturunkan di Laga Chelsea vs Lille, Tuchel Akui Lukaku ‘Kena Mental’

BIMATA.ID, Jakarta- Romelu Lukaku tak diturunkan manajer Thomas Tuchel dalam laga Chelsea vs Lille pada leg pertama 16 besar Liga Champions 2021/2022, Rabu (23/2/2022) dini hari WIB. Hal itu membuktikan bahwa striker asal Belgia memang tengah bermasalah.

Dalam pertandingan yang dimenangkan Chelsea 2-0 di Stamford Bridge itu, Romelu Lukaku hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Thomas Tuchel lebih percaya kepada Kai Havertz yang dalam laga ini bermain sebagai penyerang kendati posisi naturalnya adalah gelandang serang.

Juru taktik asal Jerman itu pun buka suara pasca pertandingan. Dia mengaku sengaja tak menurunkan Lukaku dan menilai sang pemain tengah kesulitan untuk menjalankan instruksi yang dia inginkan.

Selain itu, Romelu Lukaku dianggap Tuchel tengah dalam kondisi lelah baik fisik maupun mental.

“Fokus hari ini adalah pada intensitas dan permainan berkecepatan tinggi. Itu tentang kerja keras melawan bola, kehilangan bola dan memiliki kerja tim yang intensif,” kata Tuchel dikutip dari Evening Standard, Rabu (23/2/2022).

“Romelu sedikit kesulitan dalam beberapa pertandingan terakhir untuk memberikan itu. Itulah yang saya maksud ketika saya merasa dia sedikit lelah baik secara mental maupun fisik,” tambahnya.

Sebelum absen di laga ini, Lukaku selalu menjadi starter dalam beberapa pertandingan terakhir termasuk di Piala FA dan Piala Dunia Antarklub. Bahkan di beberapa laga, dia terus tampil hingga perpanjangan waktu dan itu dianggap Tuchel berpengaruh pada kondisi fisiknya.

“Sejak pertandingan melawan Liverpool, dia menjadi starter di setiap pertandingan dan ada beberapa waktu tambahan juga,” kata Tuchel.

“Ya, seperti ini. Hari ini, kami menggunakan tiga pemain lain dengan Kai (Havertz) dalam kondisi sangat baik, sangat percaya diri dan sangat bekerja keras untuk tim,” tambahnya.

Meski dianggap kelelahan, keputusan Tuchel mengistirahatkan Lukaku di laga kontra Lille jadi perhatian lantaran sebelum pertandingan tersebut, sang striker jadi bahan olok-olok media dan krtikus.

Saat membantu Chelsea menang 1-0 atas Crystal Palace pada 19 Februari lalu, Romelu Lukaku jadi sorotan karena dinilai tak terlibat signifikan untuk membantu rekan-rekannya.

Dalam pertandingan tersebut, Romelu Lukaku tampil penuh tetapi kehadirannya tak terasa bagi kubu Chelsea, lantaran sepanjang laga dia cuma menyentuh bola tujuh kali yang satu diantaranya terjadi saat kick-off.

Mengutio dari BBC Sport, Selasa (22/2/2022), catatan yang dibuat Romelu Lukaku membuatnya menjadi pemain dengan jumlah sentuhan bola terendah dalam 90 menit penampilan di Liga Inggris setidaknya sejak data tersebut dicatat mulai 2003.

Catatan buruk di laga itu membuat Romelu Lukaku menjadi bahan tertawaan dan sasaran kritik di media dan Thomas Tuchel selaku pelatih sudah mengutarakan ketidak senangannya atas sikap media dan kritikus yang menjadikan anak asuhnya bahan tertawaan.

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close