RegionalPerkebunanPertanian

Pemuda Tani Sumut Dorong  Pergub Perlindungan Lahan Pertanian 

BIMATA.ID, Karo — Dewan Pengurus Daerah (DPD) Pemuda Tani Indonesia (PTI) Provinsi Sumatera Utara melakukan rapat kerja daerah (Rakerda) di Pariban, Kab Karo, Sabtu (12/2/2022).

Rakerda PTI Sumut juga dirangkaikan dengan Rembuk tani dengan Anggota DPRD Sumut, Bank Sumut, PT Jasindo dan petani di Kab Karo Tentang : Program Kesejahteraan Petani dan Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumut tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Rakerda Pemuda Tani Indonesia Sumut Mengangkat Tema “Petani sebagai leading sektor pembangunan perekonomian daerah”.

Saat membuka kegiatan Rakerda dan rembuk tani Ketua Umum DPP Pemuda Tani Indonesia, G Budi Satrio Djiwandono mengatakan, Pemuda Tani Indonesia harus Bersinergi dengan banyak pihak dalam menjalankan program kerja.

Ketua Umum juga menyampaikan bahwa di tengah pandemi, salah satu sektor penunjang perekonomian Indonesia yang dianggap positif adalah sektor pertanian.

“Di saat banyak sektor yang lumpuh di tengah pandemi, dunia pertanian bisa terus berjalan digejolak masa masa sulit,” ujarnya.

Maka dari itu, sambungnya, Pemuda Tani Indonesia sebagai OKP yang konsen di pertanian harus berperan aktif mengambil semua kesempatan yang ada.

“SDM petani sudah banyak yang lanjut, anak muda jarang tertarik pada sektor pertanian, Maka dari itu Pemuda Tani harus ambil peran konkrit,” katanya.

Untuk mewujudkan semua itu, kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI ini, perlu ada kerjasama dengan pemangku kepentingan agar anak muda mau terjun ke pertanian. “Saya meyakini, jika dikelola dengan baik, sektor pertanian bisa membantu pemulihan ekonomi nasional” tutupnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPD PTI Sumut Muhammaf Fadly Abdina SP MSi mengatakan, Sumut merupakan salah satu lumbung pertanian di Indonesia.

“Potensi sektor pertanian Sumut sangat besar, dari mulai tanaman pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan, kelautan, dan perikanan. Ungkap Fadly Abdina.

“Oleh Karenanya melalui momentum Rakerda ini, kami pengurus DPD Pemuda Tani Indonesia menyampaikan poin-poin penguatan organisasi kepada para pengurus. Harapannya para pengurus kabupaten/kota dapat terus berkontribusi pada pembangunan daerah melalui aktivitas pembangunan pertanian daerah serta membantu petani dalam mencapai kesejahteraan” ungkap fadly abdina

Dalam Rakerda Pemuda Tani Indonesia Sumut Juga memberikan rekomendasi Peraturan Gubernur (Pergub) Tentang : Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan pada Pemerintah Provinsi Sumut.

” Rakerda Pemuda Tani Indonesia Sumut merekomendasikan beberapa Poin salah satu nya ialah Pemerintah Provinsi Sumut dapat menerbitkan Pergub Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Kami menganggap Pergub ini sangat penting untuk melindungi lahan pertanian di Sumut. Pergub ini merupakan turunan UU No.41 Tahun 2009 dan Perda Provsu No.3 Tahun 2015 sehingga dengan adanya Pergub dapat mendorong terbitnya Perda yang sama di Kab/Kota Se Sumut. Tutup Fadly Abdina

Kegiatan ini Turut dihadiri oleh Pengurus Pusat Pemuda Tani Indonesia Suroyo dan Pipink, Anggota DPRD Sumut Ingan Amin Barus, Pimpinan Bank Sumut, Pimpinan Jasindo Medan, Sekretaris Pemuda Tani Sumut Muhammad Syah, Bendahara Syafii Siregar, Wakil Ketua Syamsul Bahri Pane, Jajaran Pengurus DPD Pemuda Tani, Tuan Rumah DPC Pemuda Tani Karo Ketua Imam Ginting, Sekretaris Ardian Surbakti, Bendahara Kristian Ginting, dan Jajaran Ketua/Pengurus DPC Pemuda Tani Indonesia Se Sumut yang turut Hadir melalui Langsung dan Virtual.

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close