BeritaEkonomiNasionalRegionalUmum

Presiden Jokowi Minta Warga Desa Ikut Serta Dalam Kegiatan Ekonomi

BIMATA.ID, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak agar pelaku usaha bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Terutama bagi pelaku usaha yang menjalankan usaha di wilayah desa seperti tambang dan perkebunan. Hal itu ia sampaikan baik kepada pelaku usaha swasta mau pun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Saya nanti akan pesan kepada usaha-usaha swasta maupun BUMN baik pertambangan maupun perkebunan dan lain-lain yang di desa-desa untuk mengikutkan BUMDes dalam kegiatan-kegiatan mereka,” ujar Jokowi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional BUMDes, Senin (20/12/2021).

Jokowi bilang masyarakat desa tidak boleh hanya menjadi penonton dalam kegiatan ekonomi di desa. Kegiatan ekonomi harus memberikan dampak bergulir kepada masyarakat desa.

“Jangan yang di desa hanya jadi penonton, lalu lalang truk, lalu lalang hasil-hasil perkebunan yang gede-gede, rakyat hanya menonton, melihat. Melihat tambang diambil keluar dari desa, rakyat hanya melihat saja,” ungkap Presiden.

Sebagai informasi, sejak tahun 2014 lalu BUMDes telah mengalami pertumbuhan sebesar 606 persen.

Saat ini jumlah BUMDes mencapai 57.200 unit dari sebelumnya hanya 8.100 unit BUMDes pada tahun 2014. Meski begitu, Jokowi berharap tingginya jumlah pertumbuhan BUMDes dibarengi dengan kegiatan yang baik.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close