Berita

BMKG : Terjadi Gempa di Wilayah Garut dengan Kekuatan 3,7 Magnitudo

BIMATA.ID, Garut — Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Rabu (1/12/) sekira pukul 07.05 WIB terjadi gempa bumi dengan kekuatan 3,7 magnitudo terletak pada koordinat 7.26 LS dan 107.69 BT,pada kedalaman 10 kilometer di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Menurut Kepala Balai Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela.

“Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pasirwangi, Kamojang, Paseh dengan Skala Intensitas IV MMI (Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, diluar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderit dan dinding berbunyi),” Katanya, Rabu (01/12/2021).

Sementara di Garut, Pangauban, Bayongbong, Cikajang, Samarang, Ciparay dirasakan dengan skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” ucapnya.

Menurutnya, hingga pukul 07:14 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

 “Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close