BeritaPendidikanPolitikRegionalSains & TekUmum

Legislator Gerindra Minta Pemerintah Bogor Dorong SDM Kuasai Iptek

BIMATA.ID, Bogor- Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto meinta kepada pemerintah untuk memperbaiki Sumber Daya Manusia (SDM).

Legislator Partai Gerindra ini meminta Pemkab Bogor perbaiki SDM agar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang lebih mumpuni kembali.

“Masa depan Indonesia akan sangat ditentukan oleh sumber daya manusia yang memiliki nilai budaya, memahami, dan menguasai mekanisme pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto di Cibinong, Bogor, Selasa (09/11/2021)

Menurutnya, sektor pendidikan memainkan peranan penting dalam mencetak SDM yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Maka ia meminta agar Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor berinovasi dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Pendidikan kita harus bisa menjangkau kebutuhan SDM di masa yang akan datang. Dan yang tidak kalah penting adalah memegang nilai-nilai luhur kebudayaan yang menjadi jati diri bangsa kita,” katanya

Demi mencapai hal tersebut, Ia meminta Dinas Pendidikan harus bersinergi dengan banyak pihak. Peranan akademisi di lembaga vertikal maupun horisontal, sektor dunia industri, praktisi kebudayaan, dan peranan masyarakat yang concern (perhatian) dalam pembangunan sumber daya manusia sangat diperlukan.

Rudy menilai, era digital membuka ruang yang sangat luas dan cepat dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk masuknya budaya luar yang dapat memengaruhi kebudayaan lokal.

“Karena itu kita harus menginventarisir kebudayaan kita sendiri, bangga dengan kebudayaan yang kita punya dan menjadikan nilai-nilai luhur kebudayaan kita sebagai bagian dari jati diri bangsa,” ujar Rudy.

.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close