Regional

Andi Sudirman Lempar Wacana Bangun By Pass di Sumpang Labbu Bone

BIMATA.ID, Bone – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman membeberkan wacana pembangunan by pass Sumpang Labbu, Kabupaten Bone.

Jalan berkelok, curam dan mungalami kerusakan parah, memang sering jadi keluhan pengguna jalan. Beberapa tahun terakhir, tidak perhatian serius dari pemerintah.

“Ke depan akan membangun Sumpang Labbu. Terowongan memiliki nilai histori. Makanya ada usulan by pass dicari. Tahun depan akan ada jalur alternatif,” kata Sudirman kepada wartawan dalam kunjungannya di Kabupaten Bone, Senin (1/11/2021).

Sudirman mengatakan, pihaknya sementara melakukan survei untuk merealisasikan rencana by pass tersebut. Ia berjanji akan merealisasikan pembangunan ini.

Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi menyabut baik rencana ini. Apalagi, pembangunan by pass sangat memungkinkan di wilayah tersebut.

“Sudah ada memang jalan terbentuk. Kita akan segera cek. Karena sudah ada sinyal dari Pak Plt Gubernur. Kira-kira panjangnya kurang lebih 6 km,” kata Fahsar.

Dia menuturkan, bahwa saat ini poros Sumpang Labbu menjadi jalan kewenangan Pemkab Bone. Sementara, poros Desa Koppe, jadi kewenangan pemerintah pusat.

“Karena selama ini poros Koppe, Taretta, Taccipi kita tidak menganggarkan karena diambil alih oleh pusat. Kalau mau diambil kembali kita harus sudah mulai dari nol. Padahal kita sudah pernah merencanakan pembangunannya,” imbuhnya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close