BeritaInternasionalNasionalTravelUmum

Luhut Sebut Pemerintah Akan ‘Balas’ Negara yang Tutup Pintu Untuk Indonesia

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan ;mengatakan, pemerintah akan mengeluarkan negara yang ada di daftar negara yang boleh masuk ke Indonesia melalui Bali, jika negara tersebut belum membuka pintu bagi Indonesia.

“Bila mereka belum membuka ke kita, karena kita sepakat resiprokal, mereka pun nanti tidak tertutup kemungkinan akan kita drop (keluarkan) dari lis 19 negara itu,” ujarnya, Senin (18/10/2021).

Namun, Luhut belum mengungkapkan negara mana yang kira-kira belum membuka diri. Ia mengatakan penetapan daftar 19 negara yang turisnya boleh masuk ke Indonesia sebelumnya didasari pada standar Badan Kesehatan Dunia (WHO).

“Terkait daftar 19 negara yang diperbolehkan masuk ke Bali, dapat dijelaskan 19 negara tersebut dipilih mempertimbangkan jumlah kasus dan tingkat positivity rate yang rendah berdasarkan standar WHO,” katanya.

Namun pada akhirnya, pemerintah akan turut mempertimbangkan kebijakan dari masing-masing negara apakah mengizinkan warga negaranya masuk ke Indonesia atau tidak. Sementara 19 negara yang masuk dalam daftar tersebut, yakni Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Selandia Baru, Kuwait, Bahrain, Qatar, China, India, Jepang, Korea Selatan, dan Liechtenstein. Kemudian, Italia, Prancis, Portugal, Spanyol, Swedia, Polandia, Hungaria, dan Norwegia.

Luhut menegaskan kebijakan ini merupakan hasil evaluasi dari pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui rapat terbatas pada hari ini.

“Presiden juga ingatkan kepada kami agar terus melakukan evaluasi setiap minggu agar bisa mitigasi dampak buruk dari pembukaan pintu masuk 19 negara tersebut,” jelasnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close