BeritaEkonomiNasionalPerikananSains & Tek

Presiden: Pulau Terpencil Bisa Jadi Basis Ekonomi

BIMATA.ID, Jakarta- Pulau terpencil dan wilayah pantai di Indonesia memiliki potensi yang besar meski jauh dari pusat kegiatan ekonomi. Daerah tersebut dapat menjadi basis ekonomi Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Pulau-pulau terpencil dan masyarakat pantai punya potensi ekonomi yang tinggi, potensi industri pangan berbasis laut seperti perikanan dan hayati laut, potensi pariwisata maritim dengan memanfaatkan keindahan dan kekayaan laut, potensi industri obat dan suplemen obat berbasis kekayaan hayati dan nabati laut,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (23/09/2021).

Menurut Jokowi, pemanfaatan dan pengembangan iptek di dunia perkapalan dan pertumbuhan industri perkapalan dalam negeri harus diupayakan untuk mendorong pemanfaatan potensi maritim. Dia meminta agar industri yang berkembang di dalam negeri bukan hanya pembuatan kapal, tapi juga juga industri jasa logistik dan global.

Saat ini, Jokowi mengatakan pemerintah telah meningkatkan konektivitas ribuan pulau. Bukan hanya melalui pembangunan pelabuhan besar dan kecil di daerah terisolasi, proyek konektivitas juga meliputi penyediaan akses barang untuk menekan disparitas harga antar-pulau. Proyek ini dijalankan melalui program tol laut yang diklaim bisa meningkatkan nilai tambah ekonomi lokal.

Namun, Jokowi meminta dalam pengelolaannya harus dilakukan secara bijak agar sumber daya maritim tetap terjaga kelestariannya dan bisa dimanfaatkan sampai generasi selanjutnya.

“Laut harus dijaga untuk kepentingan generasi sekarang dan juga generasi yang akan datang,” ujar Jokowi.

Contohnya saja dalam penangkapan ikan, harus dilakukan dengan pola yang terukur dan sesuai asas keberlanjutan. Pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi juga harus dilakukan secara arif dan bijak.

“Kita harus memperdayakan potensi maritim untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih merata serta meningkatkan nilai tambah serta mempersatukan bangsa,” ujar Jokowi.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close