BeritaHeadlinePendidikanPolitik

BKSAP Dorong Kampus di Indonesia Jadi ‘The World Class University’

BIMATA.ID, Banten – Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Fadli Zon mengatakan, BKSAP DPR RI berkomitmen menjadi jembatan banyak pihak, termasuk dunia pendidikan dengan komunitas kawasan dan internasional.

Hal itu disampaikan Fadli Zon saat memberikan sambutan dalam acara BKSAP Day dengan tema ‘Peran Parlemen dalam Mendukung Diplomasi Soft Power Melalui Dunia Pendidikan’ di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Provinsi Banten, Selasa, 14 September 2021.

“Saya sangat mendukung visi Untirta untuk menjadi kampus yang berdaya saing di ASEAN dan bertransformasi menjadi the world class university (universitas kelas dunia,-red),” katanya, dikutip bimata.id dari akun Instagram @fadlizon, Selasa (14/09/2021).

Wakil Ketua Dewan Pembina (Wanbin) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini menilai, interaksi kampus sudah seharusnya berwawasan global. Pasalnya, dunia saat ini sudah saling terhubung, tidak terbatas, dan saling memengaruhi.

“Saya sangat senang dan terkesan saat membaca visi Untirta sebagai Integrated Smart and Green (It’S Green) University (universitas canggih dan ramah lingkungan,-red), sebuah diksi yang sepenuhnya menunjukkan tingkat respon sangat cepat terkait isu-isu global terkini yaitu isu lingkungan hidup,” ujar Fadli Zon.

Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Barat (Jabar) V ini menyatakan, BKSAP DPR RI senantiasa mendukung upaya pihak manapun, termasuk kampus untuk berinisiatif dalam menjalin kerja sama kawasan dan internasional.

Hal tersebut sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 37 Tahun 1999 tentang Kerja Sama Internasional dan UU Nomor 24 Tahun 2000 tentang Perjanjian Internasional. Selain itu, juga selaras dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close