Berita

Polisi Amankan Dua Pemuda Bobol Situs Setkab RI

BIMATA.ID, Jakarta — Polri mengamankan dua orang pemuda berinisial BS alias ZYY (18) dan MLA alias Lutfifake (17), karena melakukan peretasan terhadap situs Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab RI), di Sumatera Barat. Motifnya adalah mencari keuntungan dengan menjual script backdoor.

“Motif kedua pelaku melakukan defacing, guna mencari keuntungan dengan menjual script backdoor yang menjadi target kepada orang yang membutuhkan,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan, Senin (09/08/2021).

Berdasarkan informasi, backdoor merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses sistem, aplikasi, atau jaringan tanpa harus menangani proses autentikasi.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat Pasal 46 ayat (1) ayat (2) dan ayat (3) juncto Pasal 30 ayat (1) ayat (2) ayat (3), Pasal 48 ayat (1) juncto Pasal 32 ayat (1), Pasal 49 juncto Pasal 33 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Diketahui, Bareskrim Polri berhasil membekuk dua pelaku peratasan situs Setkab RI. Tersangka BS ditangkap tanggal 5 Agustus 2021, di Tabing Banda Gadang, Nanggalo, Kota Padang, Sumbar. Sementara, MLA ditangkap di Perumahan Hansela Garden, Rumbai, Dharmasraya, Sumbar, tanggal 6 Agustus 2021.

Situs setkab.go.id, diretas pada Sabtu (31/7/2021) pekan kemarin. Tampilan laman resmi Setkab RI itu diubah menjadi latar belakang warna hitam, kemudian terpasang foto seorang demonstran membawa bendera merah putih di tengah aksi unjuk rasa yang ricuh.

Tepat di bawah foto itu tertera tulisan, “Padang Blackhat // Anon Illusion Team Pwned By Zyy Ft Luthfi Fake”.

“Kekacauan Dimana Mana, Indonesia Sedang Tidak Baik Baik Saja. Rakyat Harus Dirumah Tanpa Ada Dispensasi dan Kompensasi Apapun Yang Membuat Rakyat Indonesia Merasa Stress Dan Depresi. Penguasa Menikmati Dunia nya Sendiri Dengan Gaji Yang Mengalir Tiap Hari. Dimana Keadilan Di Negara Ini?”

“Pancasila! 1. Ketuhanan Yang Maha Esa 2 Sampai 5 Tidak Ada Perubahan”. “Padang Blackhat”.

Situs itu diretas sekitar pukul 09.00 WIB. Setneg RI kemudian menutup website itu pada pukul 09.45 WIB, dan akhirnya bisa kembali pulih pada pukul 14.10 WIB.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close