Regional

Pemkot Parepare Bakal Bangun Covid-19 Center

BIMATA.ID, Parepare – Pemkot Parepare bakal membangun Covid-19 Center, bangunan khusus untuk pasien Covid-19.

Rencananya, Covid-19 Center ini akan dibangun di kompleks RSUD Andi Makkasau.

Wali Kota Parepare Taufan Pawe mengatakan, Covid Center akan digunakan sebagai tempat perawatan khusus tak hanya bagi pasien yang positif Corona, tetapi penyakit infeksi sejenisnya.

Pembangunan Covid-19 Centre sendiri, menyusul banyaknya pengakuan masyarakat yang ketakutan ke rumah sakit karena alasan rumah sakit rujukan tersebut juga melayani pasien yang terpapar Covid-19, meski dalam praktiknya dilakukan secara terpisah dan menerapkan protokol pelayanan pasien Corona

“Tentu hal ini juga berimbas pada jumlah kunjungan pasien setelah RSUD Andi Makkasau. Jumlah kunjungan menurun karena khawatir terinfeksi Civud-19. Untuk itu, kami akan hadirkan Covid-19 Centre untuk memisahkan pasien Covid-19 di area rumah sakit,” kata Taufan.

Covid-19 Centre yang akan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang dan pembangunnnya diprediksi akan menelan anggaran sebesar Rp15 miliar tersebut, bahkan diklaim menjadi pusat layanan pasien Covid-19 satu-satunya di Sulawesi Selatan bahkan di Indonesia.

Taufan mengatakan, nantinya Covid-19 Centre akan dilengkapi fasilitas kamar operasi, ICU, serta ruangan anak, yang akan menggunakan sistem eva filter, yakni menyaring virus dan bakteri dan disaring keluar. Sistem ini ramah lingkungan.

Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Angraeny Sari menjelaskan, hingga kini rencana pembangunan Covid Center masih dalam tahap lelang.

“Setelah proses lelang, pembangunan segera dilakukan. Kita prediksi paling lambat pada pertengahan bulan September mendatang,” tandasnya.

(HW)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close