BeritaEkonomiHukumInternasionalKesehatanNasional

DPR Desak Pemerintah Berantas Mafia Bisnis Tes PCR

BIMATA.ID, Jakarta- Wakil Ketua DPR RI Fraksi PKS, Mulyanto meminta pemerintah memberantas praktik harga tes PCR Covid-19 di Indonesia. Ia mengaku mendapatkan laporan kalau harga tes di India hanya sebesar Rp96 ribu, sementara di sini biaya mencapai sekitar Rp 850 ribu untuk sekali pengetesan.

“WHO menyarankan kita mencontoh cara India menangani Covid-19. India sudah terbukti mampu menurunkan kasus positif hariannya secara drastis salah satunya dengan memperbanyak tes,” kata Mulyanto.

India bisa menurunkan kasus Covid-19 karena di sana harga tesnya murah dan terjangkau hampir ke seluruh lapisan masyarakat.

“Mereka mampu melaksanakan tes secara masif, karena biayanya yang sangat murah yaitu hanya Rp 56 ribu/pasien. Sedangkan biaya tes di Indonesia bisa sepuluh kali lipat,” kata dia.

Ia mendesak Pemerintah untuk bisa menjelaskan kenapa harga PCR di Indonesia jauh lebih mahal dibandingkan di India.

“Karena itu saya minta Pemerintah memeriksa semua alur pengadaan perangkat PCR dan proses distribusi ke klinik penyelenggara pelaksana tes PCR. Bila terbukti ada pihak yang coba mencari keuntungan berlebih bisa segera diambil tindakan hukum,” ujarnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close