Regional

Akses Lain Terbuka, Basarnas Terjunkan Tim Antisipasi Lonjakan Pendaki Gunung Bawakaraeng

BIMATA.ID, Makassar – Basarnas Kota Makassar (Basarnas) Kota Makassar mulai mengantisipasi lonjakan pengunjung ke Gunung Bawakaraeng. Puluhan personel dari berbagai organisasi disiagakan.

Ada empat tim yang disiagakan terdiri dari 12 orang anggota Basarnas, potensi SAR dari 36 organisasi mengirimkan dua orang perwakilan, 10 personel TNI daro Brigif Kostrad.

“Kita membaur jadi satu, dan kita bagi empat tim. Ada yang standby di posko lima, delapan dan Lembah Ramma,” kata Kasi Operasional dan Siaga Pencarian dan Pertolongan Basarnas Makassar, Muh Rizal, Senin (16/8/2021).

Sebenarnya, jalur utama pendakian Gunung Bawakaraeng yaitu Lembanna ditutup oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, lantaran dikhawatirkan terjadi lonjakan kasus akibat banyaknya pendaki yang ingin memperingati 17 Agustus.

Meski demikian sejumlah jalur dari daerah lain terpantau tetap buka, sehingga masih ada potensi lonjakan pendakian. Rizal melanjutkan tim-tim sudah disebar sejak kemarin dan rencana akan berjaga hingga Rabu 18 Agustus mendatang.

“Ini hari kedua. Rencana sampai tanggal 18. Kita antisipasi jangan sampai banyak yang naik di hari terakhir. Dan sejauh ini nda ada kendala, aman semua,” lanjutnya.

Pihaknya juga berupaya menerapkan protokol selama operasi berlangsung, mengingat upaya ini melibatkan banyak orang.

“Ia, penerapan yang ketat itulah yang kita khawatirkan jangan sampai kita mau cegah teman pendaki, jangan sampai kita sendiri yang terkena. Sehingga kita batasi juga untuk tugas yang lakukan siaga,” pungkasnya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close