BeritaEkonomiNasionalUmum

DPR Minta Pemerintah Distribusikan Bansos Dengan Cepat dan Tepat Sasaran

BIMATA.ID, Jakarta- Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily meminta pemerintah untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial tunai kepada masyarakat di tengah perpanjangan PPKM.

Ace menegaskan bantuan sosial tersebut juga haruslah tepat sasaran, akurat dan tepat waktu diterima oleh masyarakat.

“Yang diperlukan saat ini adalah kecepatan dari kementerian terkait dan pemerintah daerah untuk mendistribusikannya dengan tepat sasaran, akurat dan tepat waktu,” ujar Ace, Selasa (27/07/2021).

Ace mengimbau perlu pula dilakukan perbaikan pendataan yang lebih baik bagi penerima bantuan.

Hingga saat ini, masih banyak masyarakat terdampak pandemi yang belum terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

“Masih banyak di antara masyarakat terdampak yang belum menerima karena tidak terdata dalam DTKS Kementerian Sosial, maupun kelompok berpenghasilan rendah baru akibat PPKM level 4 ini,” jelasnya.

Politikus Golkar tersebut juga menilai seharusnya besaran bantuan yang diberikan pemerintah harus disesuaikan dengan tingkat keparahan atau terdampaknya masyarakat yang menerimanya.

“Pada titik inilah, seharusnya pemerintah terutama pemerintah daerah harus mampu mendeteksi pemutakhiran kesulitan masyarakat tersebut. Aspek proporsionalitas dan keadilannya dalam bantuan sosial juga penting menjadi pertimbangan,” tandasnya.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close