Sains & Tek

Xiaomi Saingi Apple untuk Urusan Mobil Listrik

BIMATA.ID, Jakarta- Perusahaan elektronik multi-nasional asal China, Xiaomi telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya berencana untuk ekspansi ke industri otomotif. Sayangnya sampai saat ini masih sedikit informasi terkait produk apakah akan dikembangkan.

Di sisi lain, Xiaomi menyebutkan siap membelanjakan dana tidak kurang dari 10 miliar dolar Amerika Serikat (AS) bagi proyek mobilnya. Bahkan beberapa pengamat memprediksi bila perusahaan ini akan mengembangkan kendaraan terelektrifikasi untuk bersaing dengan Apple Car.

Seperti dilansir dari Autoevolution, Xiaomi mencoba menggunakan strategi serupa Apple. Terlihat perusahaan tidak ingin mengungkap terlalu banyak terkait detail model mobil yang akan mereka buat.

Kabarnya, proyek mobil Xiaomi telah mencapai fase di mana raksasa teknologi China ini harus melakukan proses manufaktur.

Dengan kata lain, Xiaomi saat ini menghadapi hal yang sama seperti Apple. Di mana dikabarkan sebelumnya tengah berusaha mendekati para pelaku industri otomotif seperti Hyundai dan Nissan.

Kendati demikian Xiaomi sepertinya akan lebih diuntungkan karena perusahaan disebut akan menggandeng mitra domestik. Dan salah satunya bisa jadi adalah Great Wall Motors.

Menurut sumber yang mengetahui masalah ini, Xiaomi berencana untuk merilis mobilnya pada waktu yang hampir bersamaan Apple. Waktu peluncurannya sendiri diperkirakan akan berlangsung paling cepat pada 2024 atau 2025.

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close