Berita

BPK Perwakilan Sulsel Akan Melakukan Evaluasi Anggaran Covid-19

BIMATA.ID, Makassar — Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Paula Henry Simatupang yang baru menerima jabatan secara resmi berkomitmen akan melakukan evaluasi di pemerintah daerah termasuk penganggaran Covid-19 yang selama ini ditemukan banyak bermasalah.

Ia menyebutkan, anggaran Covid-19 pada dasarnya untuk menyelamatkan masyarakat dari Covid-19 agar tak terkena dampaknya.

“Namanya pengelolaan atau pengalokasian anggaran untuk menanggulangi akibat-akibat karena adanya Covid-19 itu sebenarnya sudah banyak serangkaian aturan. Artinya bahkan di tahap awal anggarannya nggak ada pun tetap kegiatannya harus dilakukan, karena terkait dengan bagaimana menyelamatkan sekian atau masyarakat yang terkena dampak itu,” kata Situpang sapaan akrabnya, Kamis (10/6/2021).

Mantan Kepala BPK Perwakilan Papua itu berharap, alokasi anggaran Covid-19 selama ini tidak disalahgunakan. Sehingga kata dia, perlu melihat kembali aspek-aspek kepatuhan penganggaran Covid-19.

“Kita akan melihat aspek-aspek kepatuhan jangan sampai ada anggaran-anggaran itu namanya saja untuk kegiatan Covid-19, tapi isinya bukan untuk kegiatan-kegiatan menanggulangi dampak atau bahkan mencegah penyebaran covid yang lebih masif,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala BPK Perwakilan Sulsel yang lama, Wahyu Priyono telah mengungkapkan, pihaknya telah menemukan beberapa penyalahgunaan anggaran Covid-19. Dan itu sementara ditindaklanjuti.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close