Berita

KSPI Ancam Boikot Indomaret Buntut Tak Bayar Full THR

BIMATA.ID, Jakarta — Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melalui Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) berencana memboikot minimarket Indomaret dengan tidak berbelanja. Pangkalnya, PT Indomarco Prismatama hanya membayarkan tunjangan hari raya (THR) pekerjanya sebesar 50% dari tahun-tahun sebelumnya.

“Sejak bertahun-tahun yang lalu, buruh yang sudah memiliki masa kerja 7 tahun mendapatkan THR sebesar 2 kali upah sebulan. Tetapi pada tahun 2020, buruh hanya mendapatkan THR sebesar 1 kali upah sebulan. Dengan kata lain, THR yang diberikan hanya setengahnya,” ucap Presiden FSPMI, Riden Hatam Aziz, Rabu (19/05/2021).

Dirinya menerangkan, belasan ribu gerai Indomaret se-Indonesia tetap beroperasi saat pandemi Covid-19. Dengan demikian, perusahaan tidak sedang mengalami kerugian bahkan PT Indomarco Prismatama diyakini tidak terdampak pagebluk.

“Karena itulah, mereka melakukan protes ketika THR 2020 berkurang jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.

FSPMI kini di Indomaret, FSPMI sekarang sedang mensosialisasikannya rencana boikot kepada seluruh anggotanya yang tergabung di FSPMI dan KSPI. Diyakini akan berdampak signifikan terhadap pendapatan waralaba itu.

“Apabila boikot ini benar-benar dilakukan, dengan jumlah buruh KSPI dan keluarganya yang mencapai jutaan orang, sedikit banyak akan berpengaruh pada bisnis perusahaan,” Pungkasnya.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close