Umum

Yamaha Kembangkan Motor Listrik Setara Tenaga Porsche Taycan

BIMATA.ID, Jakarta- Yamaha mengumumkan tengah mengembangkan motor listrik dengan tenaga mencapai 350 kW. Proyek ini dinilai penting bagi perusahaan, karena artinya mereka mampu memproduksi komponen kendaraan terelektrifikasi.

Melansir Carscoops, motor listrik bertenaga 350 kW ini dijagokan setara dengan tenaga 469 daya kuda. Di mana motor listrik dapat bekerja dengan tegangan 800V atau setara dengan Porsche Taycan. Sebuah produk terelektrifikasi buatan Porsche, Jerman.

Selain itu, keunggulan lain dari motor listrik yang dikembangkan Yamaha adalah ukurannya yang kompak. Desainnya menggabungkan komponen kelistrikan dan mekanik untuk menghemat ruang. Artinya, gear dan inverter sudah terintegrasi menjadi satu kesatuan.

Seperti diketahui, Yamaha sendiri telah mengembangkan motor listrik sejak 2020 dengan tenaga yang dihasilkan 35-200 kW.

Namun sayang pabrikan sepertinya berniat menjual motor dan komponen ini ke pabrikan lain yang tertarik membuat kendaraan listrik.

Meskipun Yamaha lebih dikenal dengan pabrikan pembuat sepeda motor, namun perusahaan telah lama merancang komponen untuk mobil. Perusahaan asal Jepang itu mengatakan bahwa mereka memiliki banyak pengalaman membuat sebuah prototipe berdasarkan sesuai spesifikasi pelanggan dalam waktu singkat.

Di era mobil listrik atau Electric Vehicle (EV), pertarungan untuk menjadi yang terbaik telah mendorong banyak pembuat mobil besar berinvestasi besar-besaran dalam mobilitas listrik.

Akselerasi produksi kendaraan listrik terjadi dengan sangat cepat sehingga beberapa pemain akan kesulitan untuk mengikutinya. Suatu hal yang sepertinya tengah dipikirkan Yamaha.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close